Sukses

Lifestyle

4 Pilihan Sambal Rebus yang Mudah Dibuat

ringkasan

  • Sambal Rebus Cabai Hijau
  • Sambal Rebus Terasi Bakar
  • Sambal Rebus dengan Kemiri

Fimela.com, Jakarta Kalau membahas soal sambal, rasanya tak pernah ada habisnya. Sebab memang ada banyak kreasi dan pilihan yang bisa kita buat. Bagi sebagian orang Indonesia, makan belum lengkap rasanya jika tak ada sambal.

Dari berbagai jenis sambal, sambal rebus termasuk yang paling disukai. Bagi yang suka atau ingin mencoba sambal rebus yang lain dari biasanya, beberapa pilihan berikut ini bisa langsung kita coba buat sendiri. Langsung saja simak di sini.

1. Sambal Rebus Cabai Hijau

Cabai hijau besar dan cabai rawit hijau bisa dibuat jadi sambal rebus yang enak. Caranya cukup siapkan air rebusan yang diberi sedikit garam dan minyak goreng. Setelah mendidih, masukkan cabai hijau besar, cabai rawit hijau besar, tomat hijau, bawang merah, dan bawang putih. Rebus hingga layu, lalu tiriskan. Setelah itu, semua bahan bisa langsung kita ulek dengan menambahkan sedikit terasi dan garam secukupnya.

2. Sambal Rebus Terasi Bakar

Sambal yang ini juga sangat mudah dibuat. Cukup rebus cabai merah keriting, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, tomat merang, bawang putih, dan bawang merah. Setelah selesai direbus, semua bahan ditiriskan. Kemudian ulek semua bahan dengan menambahkan terasi bakar dan garam secukupnya.

3. Sambal Rebus Tomat

Kalau biasanya sambal tomat yang kita buat hasilnya langu karena mentah, coba buat dengan cara merebus tomatnya lebih dulu. Tomat bisa direbus dengan cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih sampai layu. Setelah ditiriskan, semua bahan tersebut bisa langsung diulek dengan menambahkan garam dan gula sesuai selera.

4. Sambal Rebus dengan Kemiri

Untuk mendapatkan cita rasa yang lebih gurih, kita bisa menambahkan kemiri. Caranya cukup rebus cabai rawit, cabai merah, dan bawang putih sampai layu. Lalu siapkan kemiri yang sudah digoreng dan diiris tipis. Siapkan blender, haluskan semua bahan dengan menambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Lalu sajikan dengan menambahkan sedikit air. Sambal rebus yang satu ini biasanya sangat cocok dinikmati dengan menu soto.

Kita bisa membuat sambal rebus sesuai selera. Semoga info di atas bisa memudahkanmu dalam membuat sambal yang pas dinikmati dengan menu atau hidangan favoritmu, ya.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading