Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Sayur Acar Timun Wortel yang Tidak Langu

Fimela.com, Jakarta Sayur acar timun wortel memang bisa jadi pelengkap aneka hidangan. Menikmatinya dengan nasi putih hangat pun sudah enak. Hanya saja kadang kalau salah dalam proses memasaknya, wortel masih terasa langu dan kurang enak.

Untuk membuat sayur acar timun wortel yang enak dan tidak langu, proses memasaknya perlu diperhatikan. Sebenarnya tidak rumit, kok. Langsung saja simak di sini selengkapnya.

Pilih Mentimun dan Wortel Segar

Pilih mentimun dan wortel yang kondisinya masih segar. Pilih mentimun yang masih muda agar mendapat tekstur yang renyah. Cuci bersih, lalu potong memanjang seukuran korek api. Sisihkan.

Bila kita menggunakan 5 buah wortel dan 5 buah mentimun, kita bisa menggunakan bumbu halus yang terdiri dari 3 butir kemiri, 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, dan 10 buah cabai. Semua bahan bumbu bisa diulek atau ditumbuk jadi satu.

 

Bumbu Halus Ditumis Sampai Harum

Siapkan dan panaskan sedikit minyak. Lalu, tumis bumbu halus dengan serai dan daun salam sampai harum. Setelah itu, tambahkan air.

Wortel Dimasukkan Lebih Dulu

Bersamaan dengan air, wortel dimasukkan. Lalu, masak hingga mendidih selama kurang lebih 15 menit. Di sini kunci pentingnya. Wortel perlu dimasukkan dan dimasak lebih dahulu supaya empuk. Baru mentimun dimasukkan. Bila wortel dan mentimun dimasukkan berbarengan, hasilnya nanti teksturnya akan kurang bagus karena mentimun mudah lembek sedangkan wortel butuh waktu yang agak lama untuk bisa empuk.

Setelah bumbu meresap dan air agak menyusut, sayur acar siap dihidangkan. Selamat mencoba, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading