Sukses

Lifestyle

5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan saat Imlek, Ternyata Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Setiap budaya itu unik dan patut di hormati, termasuk ketika budaya tersebut memiliki kepercayaan atau keyakinan yang berhubungan dengan keberuntungan, seperti misalnya dalam perayaan Imlek.

Ternyata ada beberapa hal yang tabu atau tak boleh dilakukan ketika tahun baru China yang sebenarnya jika dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sangat wajar. Apa sajakah itu?

1. Tak boleh menyapu dan bersih-bersih

Selama sehari perayaan Imlek, orang dilarang menyapu atau membersihkan rumah karena dianggap membuang rezeki dan keberuntungan yang datang ke rumah. Ada satu hari yang diperuntukkan berish-bersih, yaitu sehari sebelum Imlek. Tujuannya adalah membuang kesialan atau ketidakberuntungan.

2. Tak boleh menggunakan gunting dan pisau

Sebaiknya tidak menggunakan benda-benda tajam atau senjata selama perayaan Imlek karena dianggap mampu memotong tali rezeki dan kesuksesan. Seperti halnya gunting yang memotong tali, seperti memotong harapan hidup panjang umur.

3. Tak boleh memecahkan gelas atau keramik

Memecahkan kaca, gelas, keramik atau benda pecah belah apa pun dianggap pertanda buruk dan kesialan. Memecahkannya bisa berarti menghancurkan keberkahan dan keberuntungan.

 

4. Tak boleh mengunjungi keluarga istri

Jika menjaga silarurahmi dengan keluarga istri dianggap baik, justru dalam perayaan Imlek dilarang. Secara adat, istri pindah ke rumah suami setelah menikah dan mengunjungi keluarga istri dianggap kehidupan rumah tangganya punya masalah. Jika ingin mengunjungi, sebaiknya hari kedua setelah Imlek.

5. Tak boleh minum obat

Minum obat saat perayaan Imlek dianggap mengharapkan sakit sepanjang tahun. Meski tentu saja jika sakit kronis tetap harus minum obat. Tapi jika relatif sehat, hindari minum obat, mengunjungi dokter, mendapat suntikan atau melakukan operasi.

Itu dia sekian hal yang ternyata tak boleh dilakukan selama perayaan Imlek. Daripada menahan keberuntungan, jika percaya memang sebaiknya tak melakukannya ya, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading