Sukses

Lifestyle

Bukan Hanya Romantis, Ini 6 Manfaat Kesehatan Gandengan Tangan

ringkasan

  • Melepas stres
  • Meningkatkan rasa cinta
  • Membuatmu merasa aman dan nyaman

Fimela.com, Jakarta Sentuhan fisik ssecara ilmiah memang memiliki efek kesehatan yang positif. Sebagai makhluk yang pasti membutuhkan manusia lainnya, kita memang diciptakan berpasang-pasangan, dan bukan suatu hal aneh jika kita merasa nyaman saat menggandeng tangan pasangan. Tapi apa saja manfaat yang bisa didapat ketika bergandengan tangan?

1. Melepas stres

Kulit tangan adalah bagian yang sensitif terhadap sentuhan, dan ketika mendapat sentuhan dari tangan lain, aliran darah meningkat dan jantung berdetak lebih teratur. Menggenggam tangan seseorang yang disayang mampu menurunkan kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh sehingga membuatmu lebih tenang dan bahagia secara mental menurut penelitian dari University of Miami.

2. Meningkatkan rasa cinta

Jika kamu menggenggam tangan orang yang kamu cintai, hormon oksitosin atau disebut juga hormon cinta akan meningkat di dalam tubuh. Kamu jadi lebih bahagia dan merasa nyaman. Penelitian yang dilakukan Abbeyfield menunjukkan bahwa 80% pasangan menikah mengaku ikatan cinta mereka semakin kuat.

3. Baik untuk jantung

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Medicine menunjukkan bahwa meski jantung akan derdetak kencang saat kamu menggenggam tangan orang yang kamu sukai, bukan berarti itu buruk. Justru ini sangat baik, karena ada banyak hormon oksitosin yang dilepaskan sehingga membantu menurunkan tekanan darah. Ketika tekanan darah turun, kerja jantung juga lebih ringan. Jantung akan lebih sehat dan kuat.

4. Mengurangi rasa sakit saat melahirkan

Menggenggam tangan pasangan bisa berfungsi sebagai pereda rasa sakit alami selama melahirkan. Karena perempuan merasa mendapat dukungan penuh, rasa cinta, perhatian dan perlindungan dari suami. Memegang tangan pasangannjuga penting dalam menurunkan rasa cemas menghadapi persalinan karena hormon kortisol berkurang dan perasaan lebih tenang.

5. Mengusir rasa takut

Pernah sangat takut dan cemas menghadapi sesuatu? Kamu akan lebih berani dan yakin ketika ada seseorang yang menggenggam tanganmu. Simpel namun berarti banyak, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa menggenggam tangan bisa diartikan sebuah dukungan dan tanda kamu bisa mengandalkannya.

6. Membuatmu merasa aman dan nyaman

Banyak orang berpegangan tangan dengan pasangannya karena menginginkan rasa nyaman dan aman. Seperti misalnya anak-anak perpegangan pada tangan ibunya, ia akan merasa lebih aman dan nyaman karena mengandalkan ibunya sebagai sosok yang melindunginya. Begitu pula dengan orang dewasa.

Berpegangan tangan bisa menunjukkan rasa cinta, persahabatan dan kedekatan yang kuat. Sederhana namun ternyata memiliki banyak makna emosional.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sikap seperti Ini yang Ternyata Bisa Turunkan Inflamasi Alami dalam Tubuh
Artikel Selanjutnya
Sebenarnya Bolehkah Susu Dibekukan di Freezer?