Sukses

Lifestyle

4 Camilan Lezat dan Sehat Tanpa Takut Bikin Berat Badan Naik

Fimela.com, Jakarta Kelaparan adalah sinyal tubuh alami yang tidak dapat diabaikan. Kebanyakan orang mengunyah makanan yang tidak sehat ketika mereka merasa lapar yang menyebabkan peningkatan asupan kalori harian yang menyebabkan kenaikan berat badan, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya.

Yang penting mereka lewatkan adalah bahwa ada cara yang lebih sehat untuk ngemil dan mengurangi rasa lapar. Lihatlah 20 camilan sehat ini yang pasti akan menyingkirkan rasa lapar dan membatasi keinginan akan makanan yang tidak sehat.

Berikut enak rekomendasi camilan yang lezat namun sehat sehingga kamu tidak perlu takut akan menaikkan berat badan, seperti dilansir dari situs Boldsky, Jumat (17/1/2020).

1. Oatmeal

Oat mengandung sejumlah besar serat yang bila dikonsumsi menjaga kadar glukosa tetap terkontrol [1] karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Properti pencernaannya yang lambat menjadikannya salah satu camilan sehat terbaik yang bisa dikonsumsi terutama di pagi hari untuk membuat Anda kenyang sepanjang hari.

Studi menunjukkan bahwa bubur oatmeal membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini juga dianggap sebagai makanan kebugaran bagi para atlet karena semangkok itu dapat memberi mereka energi yang cukup untuk berolahraga sambil menjaga rasa lapar mereka puas dan kadar gula darah konstan selama latihan.

Ketika Anda bosan makan gandum setiap hari, tambahkan saja buah-buahan segar, madu, dan kacang-kacangan untuk menarik selera Anda.

2. Buah Kering Dengan Coklat Hitam

Menggabungkan cokelat gelap dengan buah-buahan kering adalah cara cerdas untuk mendapatkan camilan sehat serta mengendalikan rasa lapar. Ini dapat menurunkan nafsu makan selama maksimal 12 jam karena rasio lemak dan protein yang ideal dan juga karena sifat pencernaan yang lambat dari cokelat hitam.

Sementara rasa pahit dari cokelat hitam menekan nafsu makan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan yang ada di dalamnya bertindak sebagai penekan rasa lapar yang membantu menurunkan berat badan dan mengendalikan kadar gula darah.

Nikmati rasa setiap gigitan cokelat hitam dicampur dengan buah-buahan kering dan makan dengan penuh kesadaran.

 

3. Berry

Berry mengandung antioksidan seperti asam ellagic, anthocyanin, dan resveratrol. Makan campuran buah beri yang berbeda-beda akan memberikan kombinasi nutrisi yang kuat. Studi menunjukkan bahwa buah tertentu seperti blackberry, blueberry, dan raspberry memiliki jumlah antioksidan yang berlebihan yang melindungi sel serta mengurangi risiko banyak penyakit.

Buah beri dikemas dengan serat yang larut di alam. Sifat terlarut dari makanan berair kecil ini membuat pencernaan lambat menyebabkan meningkatnya rasa kenyang. Ini mengarah pada peningkatan respons insulin dan kadar gula darah yang seimbang dalam tubuh kita.

Siapkan smoothie yang lezat dari buah beri dan jeruk untuk memuaskan selera dan rasa lapar Anda.

 

4. Alpukat

Alpukat berlimpah dalam asam oleat, asam lemak omega-9 monosaturasi yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan dari mengurangi kolesterol hingga meningkatkan kesehatan jantung. Ketika alpukat dicerna, itu merangsang produksi OEA (Oleoylethanolamide) di usus kecil yang menekan rasa lapar dan akhirnya mengurangi asupan kalori di waktu makan berikutnya.

Kehadiran lemak tak jenuh dalam alpukat mengirimkan sinyal kenyang ke otak yang pada gilirannya mempromosikan penurunan berat badan dan menyeimbangkan kadar kolesterol.

Selain dari alpukat, tentu ada sumber lain seperti kacang-kacangan, zaitun, dan kanola yang mengandung jumlah maksimum asam oleat. Iris alpukat untuk salad atau sandwich atau campur menjadi smoothie.

#GrowFearless with Fimela

;
Loading