Sukses

Lifestyle

Sontek 6 Rahasia Orang-Orang Produktif

Fimela.com, Jakarta Orang-orang produktif menyelesaikan pekerjaan dengan bertanggung jawab bahkan tanpa harus tidur semalaman atau mengatakan tidak pada rencana di akhir pekan. Untuk menjadi produktif kamu perlu beberapa tips dan menyontek kebiasaan orang-orang yang sudah melakukannya. Dilansir dari popsugar.com, Jumat (17/1/2020), inilah yang cenderung dilakukan orang-orang produktif setiap hari yang perlu kamu ketahui.

1. Membuat to-do lists

Semua orang produktif pasti mempunyai to-do lists atau daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Ini dapat membantu mengatur harimu dan memahami apa yang perlu dicapai. Ada banyak cara untuk menjalankan to-do lists, dari aplikasi elektronik hingga memo kertas. Penting untuk mengetahui metode mana yang paling cocok untuk kamu dalam menjalankannya.

Jika kamu menggunakan aplikasi, pilih satu yang dapat digunakan di beberapa perangkat. Jika kamu menggunakan buku catatan, pastikan untuk membawanya ke mana pun kamu pergi. Dengan ini, to-do lists kamu akan selalu berada dalam jangkauan dan mudah sekali jika ingin mengganti atau menambahnya sewaktu-waktu.

2. Pergi dengan rencana

Sebelum memulai hari mereka, orang-orang produktif tahu persis apa yang harus mereka lakukan. Daftar agenda sangat penting di sini, serta sistem kalender yang baik. Agenda dalam kalender merupakan cara terbaik dan efektif untuk menjaga acara tetap teratur dan jelas. Jika kamu tahu apa yang harus dilakukan pada hari berikutnya, kamu akan jauh lebih mungkin untuk melakukannya dan aktivitasmu menjadi teratur.

 

3. Fleksibel

Meskipun orang-orang yang produktif terkenal sebagai perencana yang baik, mereka juga fleksibel. Ini berarti bahwa mereka tidak stres ketika sesuatu muncul atau jadwal mereka berubah, karena mereka mengharapkan yang tak terduga. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menulis daftar tugas dan janji temu kamu dengan pensil. Dengan begitu, ketika sesuatu berubah, kamu bisa menghapusnya!

4. Tahu kapan harus beristirahat

Penting untuk mengetahui kapan kamu harus berhenti bekerja. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois, istirahat singkat sebenarnya meningkatkan fokusmu. Menjadi lebih produktif tidak selalu berarti menatap layar komputer sepanjang hari tetapi mengetahui kapan kamu perlu istirahat, sehingga dapat kembali dan menjadi lebih produktif! Berjalan-jalan di sekitar blok adalah istirahat yang bagus untuk membiarkan pikiranmu kembali fokus.

 

5. Menentukan tujuan

Hidup adalah tentang menetapkan tujuan dan orang-orang produktif ahli dalam hal itu. Tujuan kecil untuk hari itu adalah trik sempurna untuk tetap fokus. Kamu dapat memberi diri sebuah hadiah untuk penyelesaian tujuan kecil, seperti yoghurt beku atau kelas olahraga yang menyenangkan. Penghargaan yang lebih besar dapat digunakan untuk pencapaian yang lebih besar, seperti menyelesaikan tesis kuliah atau dipromosikan di tempat kerja. Sasaran baik besar maupun kecil akan memastikan bahwa kamu tetap fokus pada apa yang perlu dicapai.

6. Mengevaluasi diri

Sementara orang-orang produktif pandai menyelesaikan sesuatu, mereka juga meluangkan waktu untuk berpikir. Mereka melihat kembali ke minggu mereka dan bertanya pada diri sendiri, "Apa yang berjalan dengan baik? Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik? Bagaimana saya bisa memperbaiki minggu depan?”. Trik lain yang bermanfaat adalah melihat kalender dari minggu sebelumnya dan menandai item yang kamu senangi dan mencoret peristiwa yang tidak produktif. Ini membantu membawa kesadaran yang lebih besar tentang tujuanmu dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya.

Itulah beberapa rahasia orang-orang produktif yang perlu kamu ketahui. Kamu juga dapat menerapkannya pada keseharianmu. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading