Sukses

Lifestyle

Dianggap Membuat Gemuk, Ternyata Ini 4 Manfaat Sehat Makan Malam

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan pengetahuan baru lagi jika kamu ingin menurunkan berat badan lebih cepat, maka sebaiknya menghindari makan malam. Alasan utamanya adalah tubuh tidak melakukan banyak aktivitas di malan hari sehingga kalori yang dikonsumsi akan ditimbun menjadi lemak tubuh karena tidak digunakan.

Bisa jadi anggapan ini benar, tapi bisa juga salah karena ternyata makan malam juga punya manfaat kesehatan.

1. Menurunkan dan mengontrol kadar gula darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa apa yang kita makan malam hari akan memengaruhi respon tubuh esok hari, salah satunya adalah menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil hingga esok hari. Kuncinya adalah menghindari makanan tinggi karbohidrat dan menggantinya dengan makanan tinggi protein dan serat.

2. Meningkatkan proses pembentukan otot

Ketika pilihan makan malam kita sudah tepat, maka kalori yang masuk ke dalam tubuh akan diolah menjadi bahan bakar membentuk otot, terutama jika makan setelah olahraga. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa ngemil malam hari akan membantu sintesis otot selama tidur malam selama menu makan malamnya hanya protein dengan 150 kalori.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa makan malam hari mampu meningkatkan metabolisme esok pagi harinya, membuat perut tidak mudah lapar dan daripada mengubah energi dari sarapan, tubuh akan lebih dulu mengubah energi yang didapat dari makan malam harinya.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Orang akan mudah tertidur lelap dalam keadaan perut kenyang, karena secara alami tubuh akan menahan jam tidur jika perut dalam keadaan kosong dan lapar. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Neuron menyebutkan bahwa makan malam yang cukup mampu melepaskan melatonin dan membuat tubuh cepat tidur. Cara ini bagus juga untuk mereka yang sering mengalami insomnia.

Jadi, jangan anggap bahwa makan malam sama sekali tak memiliki manfaat, di kala tertentu makan malam juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan, asal tahu apa yang sebaiknya dimakan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading