Sukses

Lifestyle

Tanda Seseorang Mengalami People Pleaser

Fimela.com, Jakarta People Pleaser adalah tipe orang yang mengutamakan kepentingan orang lain, daripada kepentingan sendiri. Mereka cenderung ingin membuat orang lain bahagia meskipun sebenarnya ia tidak bisa melakukan apa yang disuruh orang tersebut. Hal ini di lakukan seorang people pleaser karena menginginkan keberadaanya dianggap ada oleh sekelompok orang.

Biasanya ini terjadi di lingkungan kantor atau kampus. People pleaser adalah hal yang positif, namun apabila melebihi batas juga menjadi sebuah hal yang negatif. Misalnya saja ketika seorang teman meminta bantuan secara terus menerus, dan seorang people pleaser memaksakan diri melakukan permintaan tersebut, meskipun tidak mampu dikerjakan sekali pun. Apabila melakukan penolakan seorang people pleaser cenderung lebih khawatir membuat seseorang kecewa atau bahkan marah kepadanya.

Jika hal ini lakukan terus-meneruas, mereka cenderung memanfaatkan Sahabat Fimela, dan bisa jadi merugikan diri sendiri. Apakah Sahabat Fimela salah satunya? Berikut ini tanda-tanda seseorang mengalami people pleaser.

Selalu Mengatakan "Bisa" pada Setiap Ajakan

Demi membuat orang-orang di sekitarnya bahagia, seorang people pleaser akan lebih sering mengatan " bisa dan Ya" untuk memenuhi ajakan atau bahkan diminta untuk mengerjakan tugas sekalipun. Satu hal yang tak seharusnya dikerjakan tapi malah dikerjakan, membuatnya masuk dalam lingkaran kesulitan. Sudah saatnya untuk belajar mengatakan tidak, jika ingin membantu, bantulah sesua kemampuan. Jangan menjadikan ini sebuah paksaan yang akan menyulitkan diri.

Hidupmu Diatur Oleh Orang Lain

Seorang people pleaser cenderung menjalani hari berdasarkan pendapat orang lain. Yang sebenarnya pendapat itu belum tentu yang terbaik untuknya. Selain itu ia lebih sulit memilih sebuah keputusan untuk hidupnya sendiri dan menjadikan orang yang plin-plan. Sebaiknya belajarlah untuk mengambil keputusan berdasarkan hati nurani.

Sulit Membuat Batasan

Tanpa disadari seorang people pleaser akan merasa kesulitan dalam membuat batasan dengan teman. Karena sikapnya yang susah menolak sebuah ajakan atau permintaan, maka dengan mudah ia dapat di manfaatkan oleh orang-orang di seklilingnya, walaupun tidak semua orang melakukannya.

Hidupmu Diatur oleh Orang Lain

Seorang people pleaser cenderung menjalani hari berdasarkan pendapat orang lain. Yang sebenarnya pendapat itu belum tentu yang terbaik untuknya. Selain itu ia lebih sulit untuk memilih sebuah keputusan untuk hidunya dan menjadikannya plin-plan. Sebaikknya belajarlah untuk memilih keputusan berdasarkan keadaan.

Apabila Sahabat Fimela mengalami hal tersebut sebaikknya cobalah untuk membuat batasan agar tidak dimanfaatkan oleh teman, apalagi jika hal yang kamu lakukan sangat bertentang dengan hati kecilmu. Ikuti kata hatimu dan jadilah dirimu sendiri. Menyenangkan orang lain boleh, namun jangan lupa untuk menyenangkan dan mempercayai kemampuan dirimu.

#GrowFearless With FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Membantu Anak Bisa Lebih Percaya Diri
Artikel Selanjutnya
6 Zodiak yang Paling Percaya Diri