Sukses

Lifestyle

Tips Menjadi Pendengar yang Baik

ringkasan

  • Fokus dan Terlibat Kontak Mata
  • Jangan Memotong Pembicaraan
  • Berikan Saran dari Berbagai Sudut Pandang

Fimela.com, Jakarta Menjadi pendengar yang baik tidak semua orang dapat melakukannya. Dengan semakin canggihnya teknologi, membuat seseorang lebih fokus pada teknologi daripada mendengarkan pembicaraan orang di sekitarnya. Contoh kasus, ketika ada teman yang ingin menceritakan masalahnya kepada Sahabat Fimela. Fokusmu akan terpecah ketika mendapatkan notifikasi pesan dari teman melalui media sosial.

Tak jarang juga meminta temanmu untuk mengulangi pembicaraannya. Ada sebagian orang dapat menerima hal itu, namun ada juga sebagian orang merasa kesal tentang perlakuanmu yang tidak terlalu memerhatikannya. Seolah-olah kamu tidak menghargai temanmu berbicara. Lalu bagaimana cara untuk bisa menjadi pendengar yang baik? Berikut ini tips untuk menjadi pendengar yang baik.

Fokus dan Terlibat Kontak Mata

Hal yang pertama kali harus dilakukan untuk menjadi pendengar yang baik adalah fokus, cobalah untuk lebih fokus kepada lawan bicaramu, masukkan ponselmu ke dalam tas agar tetap fokus mendengarkan. Kontak mata dapat membuatmu lebih fokus dengan lawan bicara, sesekali boleh mengalihkan pandangan, apabila terjadi kontak mata secara terus- menerus membuat pembicaraan ini semakin tegang.

Jangan Memotong Pembicaraan

Apabila temanmu sedang serius menceritakan masalahnya, baiknya kamu benar-benar mendengarkan, jangan menyela pembicaraan tersebut. Apabila memang ada hal yang tidak kamu mengerti baiknya potong pembicaraan dengan kata "Maaf". 

Berikan Saran dari Berbagai Sudut Pandang

Berikan respon kepada temanmu tentang apa yang sedang ia ceritakan. Berikan saran saran juga ketika ia sudah selesai bercerita. Jelaskan pelan-pelan tentang apa yang seharusnya ia lakukan. Selain itu berikan solusi kepada temanmu dengan melihat dari berbagai sudut pandang. Jangan hanya berpihak pada satu orang, cobalah nilai suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda. 

Menjadi pendengar yang baik dapat dilakukan dimana saja dandengan siapa saja. Baik teman masa sekolah, rekan di kantor, bahkan keluarga dekat sekali pun. Dengan menajdi pndengar yang baik, maka kamu juga akan menjadi teman yang baik pula.

#GrowFearless With FIMELA

;
Loading