Sukses

Lifestyle

Lakukan 5 Hal Ini Saat Merasa Kesepian

Fimela.com, Jakarta Seberapa sering kamu merasa kesepian? Kesepian dapat menyelimutimu kapan pun itu. Apakah disaat kamu sendirian atau bahkan ketika sedang dikelilingi oleh orang lain. Lama menjadi jomblo dapat membuat kamu merasa kesepian, bahkan disaat sedang berpacaran pun kamu juga dapat merasa kesepian jika berjuang sendiri.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika kesepian untuk merasa lebih baik. Melansir dari thelist.com, Selasa (21/2/2020), berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan saat merasa kesepian menurut beberapa ahli.

1. Membuat to-do lists

Alih-alih menunggu sampai kamu merasa kesepian, Lisa Bahar, terapis perkawinan dan keluarga, menyarankan agar membuat to-do lists sebelumnya yang berisi hal-hal yang dapat kamu lakukan. "Langkah pertama adalah membuat to-do lists sebelum kamu merasa kesepian karena sangat tidak mungkin inspirasi akan datang ketika kamu kesepian," jelasnya. Ini akan membuat kamu merasa lebih baik secara emosional.

"Kegiatan-kegiatan yang dapat kamu masukkan ke dalam to-do lists misalnya, bermain puzzle, berlari, bersepeda, berenang, melakukan wisata mengamati paus, pergi ke museum, atau hal-hal lain yang kamu sukai," ujar Bahar.

2. Mendengarkan cerita

Cara terbaik untuk keluar dari rasa kesepian adalah membaca atau mendengarkan cerita. Jude Treder-Wolff, seorang pekerja sosial klinis dan psikoterapis, merekomendasikan untuk mendengarkan podcast yang menceritakan kisah nyata dari orang-orang yang berasal dari semua lapisan masyarakat. Mendengarkan cerita juga memiliki manfaat tambahan untuk membuatmu merasa terhubung dengan orang lain.

"Mendengarkan cerita adalah cara yang menarik secara emosional dan bebas risiko untuk merasa terhubung dengan orang lain, mengambil perjalanan emosional dan mendapatkan wawasan serta perspektif ke dalam situasi sendiri. Ini juga sangat menghibur,” jelasnya.

3. Menjadi relawan

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk berhenti merasa kesepian adalah memberi kembali kepada orang lain. "Menyingkirkan rasa kesepian membutuhkan upaya emosional yang sangat besar tetapi mengambil tindakan dengan membantu orang lain dapat mengurangi rasa kesepian dan memutus siklus negatif. Penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal Online menunjukkan bahwa menjadi relawan dapat meningkatkan kesejahteraan emosional," jelas Treder-Wolff.

Life Couch, Claudia Matles mengatakan bahwa jika kamu mencari tempat untuk menjadi sukarelawan, pikirkan situasi di mana orang lain merasa kesepian, seperti tempat penampungan. Donasikan waktumu berada di sana untuk orang lain dan kamu akan melihat seberapa cepat ketidaknyamanan saat kesepian akan lenyap.

"Temukan cara untuk terhubung dengan orang lain dan ke dunia. Dengan membantu seseorang yang kurang beruntung, kami menyadari bahwa kami memiliki kemampuan untuk membuat perbedaan. Banyak organisasi memiliki peluang layanan yang terdaftar secara online. Jika kamu tidak dapat menemukannya secara langsung, coba situs web seperti volunteermatch.com," jelas Erica McCurdy, Master Couch bersertifikat.

 

4. Olahraga

Berolahraga atau hanya menggerakkan tubuhmu dapat membantu perasaan kesepian menghilang juga.

"Ketika kita merasa kesepian, kita akhirnya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan bagaimana perasaan kita dan itu hanya akan menambah pikiran. Kesepian sering kali berhubungan dengan isolasi dan ketidakaktifan, jadi lawanlah perasaan itu dengan memaksa tubuh untuk bergerak. Endorfin alami yang dilepaskan melalui olahraga akan membantumu merasa lebih baik dan konsentrasi yang dibutuhkan selama gerakan fisik membantu mengalihkan pikiran dari kesendirian,” jelas McCurdy.

Kamu dapat pergi ke gym, menari di sekitar apartemen, mengajak anjing berjalan-jalan, melakukan yoga, atau menggerakkan tubuh dengan cara apa pun yang terasa baik bagi kamu. Saat bergerak, kamu akan menemukan perasaan kesepian yang perlahan menghilang.

 

5. Pergi ke terapis

Setiap orang kadang-kadang merasa kesepian tetapi jika kamu merasa kesepian secara konsisten, mungkin inilah saatnya untuk mencari bantuan dari luar.

"Jika seseorang memiliki pola kronis pada perasaan kesepian, mereka harus menemui terapis untuk memproses asal-usul dan pola-pola itu. Misalnya, mungkin mereka tidak memiliki ikatan dekat dengan orang tua mereka sehingga mereka tidak pernah belajar bagaimana memupuk kedekatan dengan orang lain. Karena itu, sangat penting untuk membangun hubungan yang memuaskan untuk menghindari perasaan kesepian, " jelas Dr. Wyatt Fisher, psikolog klinis.

Menurut Treder-Wolff jika orang merasa kesepian yang berkepanjangan, itu bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius yang memerlukan intervensi lebih dalam. Kesendirian bisa menjadi pengalaman berkelanjutan dari orang-orang yang mengalami depresi dan merasa terputus dari dunia sosial.Terapi dapat membantu jika kamu mengalami kesepian yang berhubungan dengan depresi atau kecemasan sosial.

"Dengan perawatan, kesepian yang terkait dengan depresi bisa diatasi. Terkadang kesepian adalah akibat dari kecemasan sosial, rasa malu, atau kurangnya keterampilan untuk menavigasi situasi sosial. Terapi individu atau proses serupa yang membantu seseorang memahami akar masalahnya bisa sangat membantu,” tambahnya.

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan jika sedang merasa kesepian. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

 

(Rafinda Eki Puspitasari)

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Merasa Kesepian dalam Pernikahan, Apa yang Salah?
Artikel Selanjutnya
Dilarang Lakukan Sentuhan, Ini yang Dilakukan Psikolog untuk Jaga Profesionalitas