Sukses

Lifestyle

5 Tips Menghentikan Kebiasaan Menyisakan Makanan

Fimela.com, Jakarta Apa kamu juga punya kebiasaan menyisakan makanan? Faktanya, Indonesia masuk ke dalam lima besar dalam daftar negara yang paling banyak membuang makanan di dunia.

Sebagian besar makanan bahkan belum tersentuh dan terbuang sia-sia di tempat pembuangan sampah. Dilansir dari accuweather.com, Selasa (21/1/2020), berikut ini adalah beberapa tips menghentikan kebiasaan menyisakan makanan, penasaran?

1. Membagi makanan menjadi porsi yang lebih kecil

Jika kamu bukan orang yang banyak makan, sebaiknya bagilah makananmu menjadi beberapa porsi dan makan secara perlahan. Siapkan beberapa alat makan, agar kamu bisa membagikan makanan kepada orang lain, sehingga makanan yang belum tersentuh tidak harus dibuang percuma.

2. Membungkus sisa makanan

Jika membagi makanan menjadi beberapa porsi kecil tidak bekerja untukmu, maka cobalah membungkus sisa makanan dan bawalah pulang. Selain membantumu berhenti membuang makanan, cara ini juga akan membuatmu berhemat.

3. Menggunakan bahan yang bisa digunakan untuk membuat banyak makanan

Seperti buah dan sayuran. Cuci dan potonglah untuk membuat beberapa jenis makanan, sehingga kamu tidak bosan. Buah dan sayuran sisa bisa kamu simpan di dalam kantong atau toples, dan masukkan ke dalam freezer, sehingga tidak ada makanan yang terbuang percuma.

 

4. Mengonsumsi makanan berbasis tanaman

Sisa makanan tidak akan cepat membusuk jika hidangan tersebut berbasis nabati. Selain itu, makanan berbasis tanaman juga berkontribusi lebih sedikit terhadap emosi gas rumah kaca secara global.

5. Menjadikan sisa makanan sebagai kompos

Sisa makanan yang tidak boleh dijadikan sebagai kompos adalah daging, produk susu, dan minyak. Atau jika kamu memiliki sisa makanan yang digoreng, carilah pusat daur ulang minyak goreng di dekat daerah tempat tinggalmu, karena minyak sisa dapat didaur ulang menjadi bahan bakar biodiesel. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Lezat yang dapat Menurunkan Kadar Kolesterol
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, 4 Asupan Makanan Ini Tidak Baik Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan