Sukses

Lifestyle

Berdamai dengan Rasa Takut demi Hidup yang Lebih Tenang

Fimela.com, Jakarta Tahun baru, diri yang baru. Di antara kita pasti punya pengalaman tak terlupakan soal berusaha menjadi seseorang yang lebih baik. Mulai dari usaha untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan, menjalin hubungan, meraih impian, dan sebagainya. Ada perubahan yang ingin atau mungkin sudah pernah kita lakukan demi menjadi pribadi yang baru. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Change the Old Me: Saatnya Berubah Menjadi Lebih Baik ini.

***

Oleh: Gischa - Manado

Aku pernah takut dengan banyak hal. Aku pernah takut untuk melangkah, pernah takut untuk bertindak, bahkan bersuara pun aku pernah takut. Ketakutan bagaikan tangan yang menggenggam erat kehidupanku, bagaikan jam pasir yang menghitung waktuku dan layaknya penulis yang mengatur alur kehidupanku. Sungguh, kehidupan memang penuh misteri, sampai aku takut menerka apa yang akhirnya akan terjadi.

Aku takut ini semua hanya sementara. Takut dengan orang-orang yang bersikap baik kepadaku tetapi hanya pada saat mereka membutuhkanku. Aku takut kehilangan orang yang kucintai, kehilangan hal-hal yang aku suka, bahkan takut kehilangan waktuku di dunia ini. Aku takut dengan hari esok, takut dengan apa yang akan terjadi pada kehidupanku selanjutnya, serta takut akan masa depanku yang mungkin kelam.

Aku muak dengan semua ketakutan ini. Semua rasa takut ini menjadikanku seseorang yang tidak bisa berkembang. Hingga aku sadar, aku tidak boleh terus-menerus sepperti ini.

 

Memeluk Rasa Takut

Aku sadar ada yang menaruh harapannya kepadaku juga ada doa-doa yang dipanjatkan mengiringi keberhasilanku di masa yang akan datang. Itu semua tidak lain dan tidak bukan lahir dari dalam diriku. Tanpa kusadari, aku menaruh harapan yang besar pada diriku sendiri, berharap aku bisa berbahagia menjalani kehidupanku serta menjadi sesuatu yang hebat dan membanggakan keluarga juga orang-orang yang mencintaiku. Aku yakin keluarga dan orang-orang yang kucintai dan mecintaiku juga mengharapkan hal yang sama. Salah bukan jika kusia-siakan itu semua hanya karena ketakutan ini? Bayangkan ada begitu banyak harapan yang kupadamkan jika aku terus disiram dengan ketakutanku yang berlebihan ini.

Di tahun yang baru ini, saatnya berubah menjadi lebih baik. Akan kuubah caraku menyikapi ketakutan. Bukan untuk dihilangkan sebab ketakutan memang tak sepenuhnya harus kuhilangkan dari dalam diriku. Karena untuk segala sesuatu ada waktunya. Yup, pasti akan ada waktunya aku harus merasa takut dan itu akan menjadi sesuatu yang wajar.

Aku akan berusaha untuk tenang menjalani kehidupanku. Tenang di saat ketakutan mengguncang jantungku dan tenang di saat semuanya terasa di luar harapanku. Tenang memang tidak mudah karena itulah buahnya besar. Menjadi tenang sangat sulit, tapi akan kucoba.

Semoga kita semua selalu diberi ketenangan dalam menjalani kehidupan.

With Love,

Gischa

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading