Sukses

Lifestyle

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Merasa Kesepian

Fimela.com, Jakarta Ada perbedaan antara menghabiskan waktu dengan diri sendiri dan perasaan kesepian. Kesepian sering dikaitkan dengan emosi yang menyakitkan dan sangat penting untuk memahami bagaimana perasaan itu bisa hadir.

Secara fisik, kamu tidak sendirian dan masih merasa kesepian, sering mengalami hal ini? Kesepian seringkali merupakan keadaan pikiran, sinyal bahwa kamu tidak merasa terhubung, didengar, atau dipahami secara khusus oleh orang-orang di sekitar.

Dilansir dari bustle.com, Rabu (22/1/2020), berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu merasa kesepian. Penasaran?

1. Keluar dari perasaan tersebut

Memperbaiki perasaan kesepian sebenarnya semudah memanggil teman dan membuat rencana untuk nongkrong bersama. Namun, ini juga bisa terasa sulit ketika kamu merasa terisolasi atau harga dirimu sedang terpengaruh.

Sangat penting untuk tidak membuat asumsi tentang apakah seorang teman ingin mendengarmu atau tidak. Mulailah untuk menghubungi mereka terlebih dahulu, kemungkinan besar, mereka akan merasa senang.

2. Menjadi sukarelawan

Salah satu cara terbaik untuk terhubung adalah dengan menjadi sukarelawan, bahkan jika kamu hanya melakukannya selama beberapa jam di akhir pekan. Menjadi sukarelawan akan memberimu kontak sosial, meningkatkan keterampilan, dan harga diri.

3. Menikmati alam

Jika kamu masih tidak yakin bagaimana mengatasi rasa kesepian, mulailah dengan keluar menikmati alam. Alam memiliki banyak cara untuk menawarkan bantuan, meringankan perasaan negatif apapun yang kamu alami seperti kesepian, dan membuat keadaan terasa lebih mudah untuk dijalani.

 

 

4. Mengakui perasaan kesepian tersebut

Sebenarnya tidak masalah untuk duduk menikmati perasaan kesepian sendiri, berusaha memahaminya sebagai salah satu dari banyak emosi yang dialami oleh manusia. Bicaralah dengan perasaan tersebut, tanyakan kepada diri sendiri apa yang coba dikatakan oleh perasaan kesepian tersebut kepadamu.

5. Terapi

Kamu juga tidak harus merasa harus mengatasi perasaan kesepian sendirian, mintalah bantuan profesional dengan mendaftar terapi. Terapi bisa membantumu mengungkap sumber dari perasaan kesepian tersebut dan mulai mengelolanya.

6. Bergabung dengan komunitas

Perasaan kesepian juga tanda untuk mulai mencari lingkar pertemanan yang baru. Bergabunglah dengan komunitas yang memiliki minat sama denganmu.

7. Fokuslah pada apa yang kamu butuhkan

Setelah semua cara di atas, jangan lupa untuk fokus pada dirimu sendiri. Perasaan kesepian sebenarnya lebih merupakan tanda bahwa kamu perlu lebih memperhatikan dirimu sendiri.

Faktanya, ketika kamu terhubung dengan dirimu sendiri dengan baik, maka hubungan dengan orang lain juga akan terasa lebih mudah. Selamat mencoba!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Merasa Kesepian dalam Pernikahan, Apa yang Salah?
Artikel Selanjutnya
Lakukan 5 Hal Ini Saat Merasa Kesepian