Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Tak Boleh Mencairkan Ayam Beku dengan Air Panas

Fimela.com, Jakarta Cara terbaik menyimpan daging ayam mentah baik yang utuh maupun sudah dipotong-potong adalah dengan cara disimpan di freezer dalam keadaan beku. Alasan utamanya adalah menjaga kesegaran daging dan mencegah berkembang biaknya bakteri.

Ketika ingin mengolah ayam, tentu ayam beku ini harus dikeluarkan dan dibiarkan mencair. Tapi ada beberapa orang yang mungkin kurang sabar menunggu ayam mencair dan memilih menyiramkan air panas ke ayam beku.

Ini adalah cara yang salah. Bahkan jika memang tak punya banyak waktu, jangan mencairkan ayam beku dengan air panas, karena bisa mengundang bahaya.

1. Mempermudah bakteri berkembang

Ketika ayam disiram air hangat atau panas maka perkembangbiakan bakteri akan lebih mudah terjadi karena suhu yang menghangat. Bukan hanya itu, perubahan suhu yang terjadi secara drastis bisa berubah membusuk atau mengandung racun jika ayam dibiarkan terlalu lama dalam keadaan seperti itu di suhu ruangan.

2. Bagian dalam ayam tetap beku

Sayangnya, ketika menyiram ayam dengan air panas, hanya permukaannya saja yang meleleh dari es sedangkan bagian dalamnya tetap beku. Pada akhirnya kamu harus tetap menunggu hingga bagian dalam mencair. Selama waktu menunggu inilah bakteri akan cepat berakumulasi mengontaminasi daging ayam.

Jadi, mulai sekarang jangan pernah mencairkan ayam mentah dengan air panas. Jika ingin mencairkan ayam beku, keluarkan 2 jam sebelumnya dari freezer.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membuat Acar Timun yang Renyah dan Tidak Lembek
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Ayam Goreng Mentega yang Empuk