Sukses

Lifestyle

Tips Mengatasi Overthinking pada Seseorang

ringkasan

  • Melakukan Aktivitas Menyenangkan
  • Jangan Simpan Masalah
  • Lakukan Sosialisasi dengan orang Sekitar

Fimela.com, Jakarta Kondisi seseorang yang memikirkan suatu hal secara berlebih atau sering disebut dengan overthinking, terdengarnya bukan sesuatu yang serius. Ada sisi positif bagi seorang overthinking untuk memikirkan segala sesuatu yang kemungkinan akan terjadi. Serta dapat mengantisipasi dengan rencana-rencana yang dibuat untuk menghindari hal buruk terjadi padanya.

Namun overthinking juga memiliki sisi negatif, misalnya saja dapat membuang-buang waktu dan menguras tenaga serta pikiran yang dapat menimbulkana kecemasan pada diri sendiri. Terkadang orang yang mengalami overthinking merasa dirinya seperti sedang di hantui dengan masalah. Jika hal ini terus terjadi pada seseorang maka dapat mengganggu kondisi kesehatan mental.

Seseorang yang mengalami overthinking cenderung sulit untuk membuat sebuah keputusan dan hanya memikirkan hal-hal negatif yang mungkin akan terjadi padanya. Lalu bagaimana untuk mengatasi overthinking pasa seseorang? Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi seseorang yang mengalami overthinking.

Melakukan Aktivitas Menyenangkan

Cobalah untuk melakukan aktivitas yang disuka, melakukan aktivitas dapat juga di lakukan bersama teman atau orang terdekat. Dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, otak akan terasa lebih fresh kembali. Berolahraga dapat dilakukan untuk mengurangi overthinking, lakukanlah olahraga ringan agar tubuh terlihat segar.

Jangan Simpan Masalah

Jika Sahabat Fimela memiliki masalah cobalah untuk terbuka, ceritakan masalahmu kepada sahabat atau orang-orang terdekat. Mungkin dengan bercerita, kamu akan memdapatkan saran positif dari orang terdekat. Menyimpan masalah hanya akan membuatmu semakin menjadi overthinking dan tidak dapat menemukan solusi yang tepat.

 

Lakukan Sosialisasi dengan orang Sekitar

Usahakan untuk tidak sering menghabiskan waktu sendirian terlalu lama, ini juga dapat menyebabkan dirimu semakin overthhinking. Cobalah untuk melakukan sosialisasi bersama teman-teman dan menghabiskan waktu bersama. Mungkin dengan melakukan sosialisasi juga akan menambah teman serta membangun relasi.

Belajar Mengambil Keputusan

Jika sebelumnya merasa bimbang ketika ingin mengambil keputusan, kini sudah saatnya kamu untuk belajar mengambil keputusan. Memang setiap keputusan pasti memiliki resiko, dan memang itu harus kamu lakukan.

Jangan terlalu memikirkan sesuatu yang belum terjadi secara berlebihan, ada hal positif dari itu, namun ada hal negatif yang dapat merugikan dirimu sendiri. Mulailah semua dengan niat dan tekad, lakukan hal-hal kecil yang dapat membawamu ke arah yang lebih baik.

#GrowFearless With FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mengatasi Kebiasaan Terlalu Banyak Berpikir alias Overthinking