Sukses

Lifestyle

Ingin Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang Sudah Menahun? 5 Buku Ini Bisa Jadi Inspirasi

Fimela.com, Jakarta Ingin meningkatkan kehidupan dengan pribadi yang lebih baik di awal tahun baru ini? Ini bisa berarti menetapkan batasan yang lebih baik dengan sekitar, memotivasi diri untuk mencapai tujuan kesehatan baru, atau memulai upaya kreatif lainnya. Salah satu cara terbaik untuk memastikan kamu melakukan semua resolusi itu adalah dengan menciptakan rutinitas yang baik.

Sebagian besar resolusi terutama yang berhubungan dengan kesehatan lebih mudah gagal. Tetapi membangun rutinitas harian yang solid dapat membantumu terhindar dari kegagalan tersebut. Jadi, bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui rutinitas yang baik untukmu? Berikut beberapa rekomendasi buku dari para ahli dan dapat membantu kamu untuk mengubah beragam kebiasaan buruk hingga menjadi pribadi yang lebih baik, dilansir dari Huffpost.com.

“Daily Rituals: How Artists Work” karangan Mason Currey

Anthony Freire, direktur klinis dan pendiri Soho Center for Mental Health Counseling di New York, merekomendasikan buku ini karena latar belakang kreatifnya sendiri. “Apa yang saya pelajari adalah rutinitas yang baik dan teratur akan membuat hari-harimu berjalan dengan optimal. Mereka cenderung bangun pagi, bekerja berjam-jam, dan berjalan-jalan secara teratur. Walaupun saya sudah memiliki banyak sifat-sifat ini, buku itu membantu memperkuat kepercayaan saya pada rutinitas,” jelasnya.

"Taking the Leap: Freeing Ourselves from Old Habits and Fears" karangan Pema Chödrön

Freire juga merekomendasikan Pema Chödrön "Taking the Leap: Freeing Ourselves from Old Habits and Fears" yang membantu pembaca melihat bagaimana pola pikir kebiasaan tertentu mempengaruhi kehidupan secara negatif. Buku ini mengacu pada konsep Buddhis tentang shenpa, yang mengeksplorasi mengapa kita sering menemukan diri kita terikat pada pola-pola negatif. Buku ini juga membimbing tentang bagaimana mengenali pola-pola ini sehingga mereka dapat kehilangan kendali dan kita dapat mulai mengubah hidup menjadi lebih baik.

“Atomic Habits” karangan James Clear

Rekomendasi ini datang dari Matt East, pelatih produktivitas di Indianapolis. Ia sangat menyukai buku ini sampai memasukkannya dalam sesi konsultasi dengan klien. Buku ini membantu pembaca dalam membentuk kebiasaan, termasuk strategi praktis tentang bagaimana membuat kebiasaan baik dan menghentikan kebiasaan buruk.

“The Creative Habit” karangan Twyla Tharp

Berbicara tentang James Clear, ia menawarkan rekomendasinya sendiri yaitu "The Creative Habit" karangan Twyla Tharp. Buku ini menawarkan lebih dari 30 latihan untuk membantu memasuki sisi kreatif dan membantu pembaca mencapai rasa ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan mereka dengan menciptakan ritual, meningkatkan pengetahuan diri, memanfaatkan ingatan, hingga mengatur ruang di sekitarnya.

 

“The Big Leap: Conquer Your Hidden Fear and Take Life to the Next Level” karangan Gay Hendricks

Buku ini sangat direkomendasikan oleh Nicole Ward, seorang terapis pernikahan dan keluarga di Los Angeles. Ia membaca buku itu sebelum meninggalkan pekerjaan penuhnya untuk memulai praktik pribadinya sendiri. Nicole Ward menjelaskan, buku ini mengilhaminya untuk memeriksa rutinitas lama dan membuat yang baru. Ia juga mencatat bahwa buku ini akan mendorong kamu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Buku ini akan membantu kamu dalam menjalani rutinitas dan menjadi seseorang yang fleksibel.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi buku khusus untuk kamu yang ingin memulai kebiasaan baik sebagai resolusi baru di tahun 2020 ini. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

;
Loading