Sukses

Lifestyle

Cara Terbaik Mencairkan Daging Beku sebelum Dimasak

Fimela.com, Jakarta Punya persediaan daging sapi atau kambing di freezer dan ingin mengolahnya untuk disantap bersama keluarga, salah satu hal yang sering dirasa mengganggu dan membuang-buang waktu mungkin adalah menunggu hingga daging mencair.

Cara terbaik menyimpan daging sapi atau kambing memang disimpan dalam keadaan beku, tapi beberapa cara yang dilakukan beberapa orang untuk mencairkan daging beku mungkin salah dan bisa jadi malah merusak tekstur dan kesegaran daging itu sendiri. Ini cara terbak yang bisa dilakukan untuk mencairkan daging beku.

1. Turunkan dari freezer ke kulkas bagian bawah

Ini cara paling mudah, sekaligus yang paling lama karena harus menunggu semalaman agar daging mencair. Cara ini sangat aman karena paling baik mencegah berkembang biaaknya bakteri selama proses pencairan.

2. Merendam air dingin

Jika tak punya waktu semalaman mencairkan daging, ambil wadah dan isi dengan air kran, rendam daging dalam bungkus plastik hingga mencair. Bungkus plastik akan mencegah kontak antara daging dengan air langsung sehingga tidak tercemar bakteri. Ganti airnya jika sudah dingin. Memang tetap butuh waktu, namun lebih cepat dari cara pertama.

Hindari mengeluar-masukkan daging beku dari freezer karena bisa membuatnya membusuk. Hindari juga mencairkan daging dengan air panas atau memasukkannya ke dalam microwave karena bisa mempercepat tumbuhnya bakteri dan merusak teksturnya. 

Selalu kemas daging dalam potongan kecil atau cukup untuk 1-2 porsi dalam beberapa plastik kecil dan diikat rapat, jadi tinggal mengeluarkan seperlunya saja ketika ingin memasaknya.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading