Sukses

Lifestyle

Ini 5 Manfaat Konsumsi Tahu Setiap Hari yang Baik untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Selain menjadi bahan pokok dapur yang serbaguna, tahu juga merupakan makanan yang sangat sehat. Tahu memiliki protein yang tinggi, rendah kalori, dan mengandung vitamin serta mineral yang penting untuk tubuhmu.

Jika kamu merupakan penggemar tahu tingkat dewa yang mengkonsumsinya setiap hari dan mungkin bertanya-tanya tentang dampak yang akan terjadi pada tubuh, berikut manfaatnya, dilansir dari thelist.com.

Meningkatkan kesehatan otak

Apakah kamu khawatir tentang pengembangan penyakit otak yang berkaitan dengan usia seperti penyakit alzheimer dan parkinson? Menurut Megan Ware, seorang ahli diet, kamu dapat mengkonsumsi tahu setiap hari untuk mencegah penyakit ini. "Studi populasi telah menunjukkan bahwa di daerah di mana orang mengkonsumsi lebih banyak tahu, lebih rendah kemungkinannya untuk terkena penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti alzheimer dan parkinson," jelasnya.

Penelitian tambahan telah mengaitkan kesehatan otak dan konsumsi tahu yang merupakan kabar baik jika kamu mencari cara untuk menjaga kesehatan otak. "Temuan yang diterbitkan pada 2017 menyarankan bahwa produk kedelai dapat membantu penderita Alzheimer karena kandungan lesitinnya yang membantu tubuh memproduksi asam fosfatidat dan fosfatidilserin," tambah Ware.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Menurut Cathy Leman, seorang ahli diet, asupan tahu setiap hari dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung yang kini menjadi penyakit mematikan nomor satu. Tahu dapat menyehatkan jantung, maka dari itu kecil kemungkinan untuk orang yang sering mengkonsumsinya terkena penyakit jantung.

"Makanan kedelai utuh mengandung serat, tidak mengandung kolesterol, dan rendah lemak jenuh. Banyak ahli percaya bahwa kedelai baik untuk jantung karena meta-analisis efek kedelai terhadap kolesterol secara konsisten menunjukkan bahwa protein kedelai mengurangi kolesterol," jelas Leman. 

Manfaat konsumsi tahu bagi tubuh

Menurunkan risiko penyakit kanker

Menurut Cathy Leman, makan tahu setiap hari telah dikaitkan dengan tingkat kanker yang lebih rendah. "Di Asia, studi populasi mengaitkan konsumsi kedelai dapat mengurangi risiko kanker payudara," jelasnya.

Konsumsi tahu juga dapat menghentikan pertumbuhan tumor dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Membantu mengendalikan penyakit diabetes

Perbaiki pola makan dengan konsumsi tahu sebagai pengganti daging. Menurut Megan Ware, dengan menggantinya, kesehatan kamu akan meningkat.

"Orang dengan diabetes tipe 2 sering mengalami penyakit ginjal, menyebabkan tubuh mengeluarkan jumlah protein yang berlebihan dalam urin. Bukti dari penelitian menunjukkan bahwa mereka yang hanya mengonsumsi protein kedelai dalam diet mengeluarkan lebih sedikit protein daripada mereka yang hanya mengonsumsi protein hewani," jelasnya.

Singkatnya, memilih makan tahu setiap hari dapat membantu kamu dalam mengendalikan diabetes. "Para peneliti mengusulkan bahwa ini dapat bermanfaat bagi pasien dengan diabetes tipe 2," tambah Ware.

Meningkatkan fungsi ginjal

Apakah kamu mengkhawatirkan kesehatan ginjal karena penyakit ginjal kronis, diabetes, atau masalah fungsi ginjal lainnya? Jika demikian, konsumsi tahu setiap hari mungkin dapat membantu melindungi organ penting itu.

"Protein, khususnya protein kedelai, dapat meningkatkan fungsi ginjal dan itu bisa bermanfaat bagi orang yang menjalani dialisis atau transplantasi ginjal," jelas Megan Ware. "Satu analisis dari sembilan percobaan menunjukkan efek positif kedelai pada beberapa biomarker dari mereka yang menderita penyakit ginjal kronis. Ini mungkin karena kandungan proteinnya tetapi juga karena dampaknya pada kadar lipid dalam darah," tambahnya.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi tahu setiap hari yang baik untuk kesehatan dan pencegahan penyakit-penyakit kronis. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

(Rafinda)

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Tahu Petis khas Surabaya
Artikel Selanjutnya
Agar Bumbu Marinasi Tahu Meresap, Hindari Satu Bahan Ini