Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatasi Lemas saat Haid

Fimela.com, Jakarta Haid atau datang bulan selalu dialami oleh semua perempuan, bahkan tak jarang ada yang khawatir saat mengalami haid tidak lancar. Beberapa perempuan mungkin pernah mengalami lemas dan nyeri setiap kali haid, hal ini sangat menggangu untuk melakukan aktifitas. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi lemas saat haid tiba.

Istirahat yang Cukup

Bila Sahabat Fimela mengalami lemas saat haid, hindari aktifitas yang dapat membuatmu merasa lelah. Istirahat yang cukup sebenarnya dapat mengurangi munculnya rasa lemas saat haid tiba. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit, sebab ketika perempuan mengalami haid, hormon pada tubuh mengalami perubahan yang memungkin menurunya sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi Air Putih

Saat haid tiba, cobalah untuk mengonsumsi air putih yang banyak. Sebisa mungkin untuk menghindari minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol. Minuman tersebut dapat menganggu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan akan menjadikanmu lebih mudah lelah ketika di siang hari saat melakukan aktifitas. Lebih baik konsumsi air putih yang banyak, supaya tubuhmu lebih terlihat lebih segar.

Konsumsi Makanan Bergizi

Ketika mengalami lemas saat haid, coba untuk konsumsi banyak makanan yang mengandung gizi. Konsumsi Makanan yang mengandung protein misalnya seperti tempe, ayam, dan ikan. Selain itu mengonsumsi buah dan sayur juga diperlukan. Jangan asal makan, perhatikan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Lakukan Olahraga Ringan

Meskipun mengalami haid, tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga ringan, misalnya seperti jalan kaki dan senam ringan. Dengan melakukan olahraga ringan ini, dapat membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh dan membuatmu lebih terlihat fresh.

Kompres dengan Air Hangat

Jika Sahabat Fimela mengalami lemas di sertai dengan nyeri pada perut. Kompres perut dengan menggunakan air hangat, sembari berbaring di tempat tidur. Lakukan beberapa kali hingga rasa nyeri berkurang.

Jika mengalami lemas dan nyeri yang tak tertahankan, lebih baik konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan segera. Pastikan tubuhmu mendapatkan asupan gizi seimbang, yang dapat menghidari lemas dan nyeri saat haid tiba.

#GrowFearless With FIMELA

;
Loading