Sukses

Lifestyle

Tips Traveling Jitu dengan Persiapan Tepat dan Bebas Halangan

Fimela.com, Jakarta Biasanya saat traveling kamu akan mendapatkan beragam kenangan berkesan. Nah untuk memastikan  berbagai pengalaman seru yang tidak akan terlupakan dapat diraih, beberapa persiapkan harus dilakukan sebelum traveling.

Beberapa kiat akan membantu kamu menjalankan traveling dengan persiapan matang, mencegah kebosanan, membuatmu tetap aman, dan tentunya membuat liburan jadi lebih maksimal. Dilansir dari huffpost.com, berikut beberapa tips traveling yang dapat dilakukan.

Berangkat lebih awal dan hindari perjalanan di malam hari untuk perjalanan darat

Jika kamu tidak ingin terjebak macet, berangkatlah sedini mungkin. Misal berangkat pada jam 4-5 pagi untuk menempuh perjalanan darat. "Berangkat pada saat ini berarti matahari akan mulai naik satu jam atau lebih. Ini tandanya dalam perjalanan kamu dapat melihat pemandangan matahari terbit yang sensasional dan dapat dinikmati dari jendela mobil” ujar Chris Wain dari Africa Travel.

Berbicara tentang keselamatan, sebaiknya kamu menghindari perjalanan malam hari karena itu adalah waktu yang paling berbahaya untuk pengemudi. Kondisi tubuh mengantuk dan banyak pengemudi lain yang juga kelelahan dapat berpotensi kecelakaan. Belum lagi hewan-hewan liar yang tiba-tiba menyebrangi jalan. Ini semua dapat membahayakan keselamatan.

Pelajari cara mengganti ban

Mengetahui cara mengganti ban adalah keterampilan yang penting, saat kamu memutuskan untuk traveling dengan jalur darat. "Tidak hanya harus tahu cara mengganti ban, kamu harus benar-benar mampu dan menguasai cara mengganti ban pada kendaraan yang akan digunakan selama perjalanan," ujar Jenn Stolfa, penulis Take Them Outside.

Periksa seluruh operasi kendaraan sebelum perjalanan, sehingga kamu tahu di mana ban cadangan berada dan pastikan tekanan udaranya dalam keadaan baik. Selain itu, kamu dapat menangani ban yang tiba-tiba bocor dan langsung menggantinya.

Kumpulkan daftar lagu yang sempurna

"Ada banyak area di mana internet, GPS, atau bahkan sinyal satelit untuk radio tidak tersedia," ujar Angella Jensen dari Angie's Awesome Adventures. Dalam hal ini, mengunduh beberapa daftar lagu sebelumnya akan menyelamatkan kamu dari keheningan yang canggung dan perjalanan yang membosankan.

"Sertakan lagu-lagu ceria dan menyenangkan sebanyak yang kamu bisa. Ini akan membuatmu tetap semangat dan menjaga perasaan yang baik,” tambahnya.

Bersiaplah untuk cuaca ekstrem

Cuaca ekstrem seperti hujan badai, salju lebat, dan angin topan harus kita waspadai sebelum traveling. Jika ingin merencanakan perjalanan panjang, pastikan kamu siap menangani cuaca ekstrem, apa pun jenisnya. Pastikan kamu mengenakan sepatu yang tepat dan mengemas pakaian dengan jenis yang sesuai dengan cuacanya. Periksalah terlebih dahulu ramalan cuaca pada destinasi yang ingin kamu kunjungi.

 

Siapkan petunjuk cadangan

Saat ini, kebanyakan dari kita sangat bergantung pada GPS, tetapi sinyal GPS itu tidak selalu bekerja di jalan.

“Kamu harus selalu memiliki beberapa petunjuk cadangan. Baik atlas maupun peta tercetak," kata Jake McKenzie dari Auto Accessories Garage. “Tanpa kemampuan untuk memeriksa GPS atau menelepon siapa pun untuk mendapatkan bantuan, kamu dapat tersesat kapan pun. Memiliki beberapa peta atau kompas dapat menghemat banyak waktu jika kamu tersesat tanpa sinyal,” tambahnya.

 

Rencanakan waktu tambahan

Meskipun penting untuk tetap pada jadwal, rencanakanlah waktu tambahan saat traveling. Terutama jika kamu sedang traveling ke tempat yang jauh dan mengeluarkan banyak biaya. Maksimalkan kesempatan sekali seumur hidup saat berkunjung ke lokasi ini, akan sayang sekali jika tidak menjelajah dengan leluasa.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Inilah Kota-Kota Terindah di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi
Artikel Selanjutnya
Tips Mengurangi Jet Lag di Perjalanan Sampai Tiba di Negara Tujuan