Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Sayur Agar Tetap Bergizi

Fimela.com, Jakarta Sayur menjadi bahan makanan yang mengandung banyak vitamin. Bagi sebagian orang sayur diolah menjadi beberapa jenis masakan, namun ada juga yang mengonsumsi sayur dalam keadaan mentah. Mengonsumsi sayur secara rutin dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Untuk memenuhi nutrisi tubuh, sayur harus dimasak melalui proses yang tepat. Jika salah maka kandungan vitamin pada sayur akan hilang. Lalu seperti apa cara memasak sayur supaya tetap bergizi? Berikut ini tips memasak sayur supaya tetap bergizi.

Cuci dengan Air Mengalir

Sebelum memasak, ada baiknya untuk mencuci sayur terlebih dahulu. Cuci sayur menggunaka air bersih yang mengalir, tujuannya untuk membersihkan sisa pestisida yang menempel pada sayur. Selain itu mencuci sayur juga membersihkan kotoran yang pada sayur, supaya terhindar dari bakteri dan kuman.

Potong Sayur dengan Ukuran Besar

ketika hendak memasak sayur, alangkah baiknya memotong sayur dengan ukuran besar. Hal ini bertujuan, supaya kandungan vitamin pada sayur tidak terbuang terlalu banyak. Jika menginginkan ukuran sayur yang lebih kecil Sahabat Fimela dapat memotongnya setelah sayuran matang.

Perhatikan Waktu dan Suhu saat Memasak

Perhatikan suhu dan waktu yang digunakan saat memasak. Jangan memasak sayur terlalu lama, dengan menggunakan suhu tinggi. Jika sayur di masak dengan menggunakan suhu yang tinggi dengan waktu yang cukup lama, memungkinkan vitamin yang ada pada sayur hilang.

Gunakan Metode Mengukus, Memanggang dan Merebus

Mengkus merupakan metode yang baik digunakan untuk memasak sayur. Mengukus dapat menjaga vitamin yang ada dalam sayuran bertahan lebih banyak dari pada menggunakan metode memasak lainnya. Memanggang, metode memasak sayur dengan cara di panggang dapat di lakukan menggunakan oven, campurkan sayur dengan sedikit minyak, masak hingga berubah warna, jangan sampai terlalu layu supaya vitaminnya tidak hilang. Metode Merebus, juga dapat dilakukan, masukkan sayur saat air sudah mendidih untuk mendapatkan rasa yang renyah dari sayuran tersebut.

Hindari Memanaskan Sayur Berulang Kali

Hindari memanaskan sayuran berulang kali, usahakan memak sayur secukupnya. Sayur yang mengalami pemanasan berulang kali akan mengalami perubahan warna, serta hilangnya kandungan vitamin di dalam sayuran.

Agar tetap menjaga vitamin dalam sayuran tetap utuh, perhatikan metode yang di gunakan saat memasak sayur. Sangat disayangkan jika sayur yang seharunya menjadi sumber nutrisi terbuang sia-sia karena salah dalam metode memasak, atau bahkan menimbulkan masalah kesehatan lain.

#GrowFearless With FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Memasak Sayuran Agar Rasanya Enak
Artikel Selanjutnya
Manfaat Mencuci Buah dan Sayuran dengan Baking Soda