Sukses

Lifestyle

Nutrimenu, Panduan Porsi Makanan Tepat untuk Dapatkan Gizi Seimbang

Fimela.com, Jakarta Menurut data riset kesehatan dasar 2018 menunjukkan bahwa Indonesia berada dalam darurat ketidakseimbangan gizi. Lebih dari 23 juta anak pun mengalami gizi tidak seimbang yang membuat angka stunting semakin tinggi.

Perlu dipahami bahwa ketidakseimbangan gizi tidak melulu soal kekurangan gizi. Justru banyak anak yang mengalami kelebihan gizi hingga obesitas. Untuk menciptakan gizi seimbang, Kementerian Kesehatan telah mencanangkan Isi Piringku sebagai panduan porsi makan seimbang. Dengan asupan karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral yang tepat.

[bacajuga:Baca Juga](3898234 4149191 4148087)

dr. Diana F. Suganda, MKes, Sp.GK, mengatakan bahwa porsi makanan yang dianjurkan untuk menciptakan gizi seimbang terdiri dari setengah piring terdiri dari buah dan sayur dan setengah piring lainnya berupa karbohidrat dan lauk pauk.

"Semua kombinasi ada tapi porsinya juga harus tepat. Kemenkes sudah menganjurkan jumlah porsinya. Bahkan ada piring yang sudah bersekat untuk membantu mengukur porsi makannya," ungkap dr. Diana F. Suganda, MKes, Sp.GK.

 

Terinspirasi dari 50 Bahan Pangan Masa Depan

Untuk itu, Unilever melalui mereknya Royco meluncurkan sebuah program yang disebut Royco Nutrimenu untuk membantu para ibu menyiapkan asupan gizi seimbang untuk anak. Dengan tema "Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku", Royco memandu para ibu untuk menciptakan masakan berdasarkan Isi Piringku yang menjadi Pedoman Gizi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Royco Nutrimenu "Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku" merupakan rangkaian edukasi yang diawali dengan Training of Trainers kepada kader kesehatan dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Posyandu mengenai permasalahan gizi di Indonesia, prinsip gizi seimbang, pedoman Isi Piringku, dan praktek memasak resep Royco Nutrimenu sesuai Isi Piringku di Garut, Jawa Barat.

Selama 21 hari, para kader didampingi secara penuh untuk mengimplementasikan praktek memasak Royco Nutrimenu sesuai Isi Piringku. Hasilnya, program ini memberikan peningkatan yang cukup baik akan pengetahuan gizi, sikap, dan praktik para ibu untuk memasak sesuai panduan Isi Piringku. Di mana para ibu sudah mampu menakar porsi karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral secara tepat. Hal ini disampaikan Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University dalam konferensi pers Royco Nutrimenu di Jakarta pada Selasa (28/1/2020).

Dalam Royco Nutrimenu sendiri diperkenalkan bahan-bahan masakan yang masuk ke dalam 50 Bahan Pangan Masa Depan. Bahan-bahan makanan ini dinilai bisa menginspirasi para ibu untuk mempersiapkan makanan yang lezat, sehat, dan terjangkau. Seperti Bayam, Pak Choi, Daun Kelor, Selada Air, Okra, Ubi Jalar dan Kacang Hijau.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading