Sukses

Lifestyle

Masyarakat Diimbau Tetap Tenang dan Waspada Hadapai Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada terhadap virus corona. Meski pemberitaan soal virus corona cukup marak beberapa hari terakhir.

Disampaikan Menteri Kesehatan RI, Dr. dr. Terawan Agus Putranto, masyarakat Indonesia tidak perlu panik karena Indonesia telah siap mengendalikan dan mencegah virus corona.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Anung Sugihantono pun menuturkan bahwa Kemenkes dan Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) telah melakukan koordinasi dan rapat bersama tim ahli.

"Belum ada pemberitahuan mengenai bagian dari public health concern ini, tetapi terdapat rekomendasi-rekomendasi yang diberikan kepada negara-negara, khususnya Cina, dalam menyikapi virus corona," kata Anung mengutip dari laman Liputan6.com pada Rabu (29/1/2020).

 

Disediakan Health Color Card

Anung sendiri ditugaskan oleh Menteri Kesehatan Terawan untuk terus melakukan komunikasi dengan para pihak lintas sektor terkait pencegahan masuknya virus corona melalui pintu masuk darat, udara, dan laut.

Kewaspadaan akan penyebaran virus corona perlu ditingkatkan. Dapat dilihat pada sistem keamanan di pintu masuk negara yang diperketat dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh atau thermo scanner.

Pihaknya pun membagikan Health Color Card yang menjadi salah satu mekanisme untuk melakukan kontrol terhadap turis asing yang melakukan perjalanan ke Indonesia. Health Color Card ini baru hadir dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sementara banyak turis yang membutuhkan kartu ini dalam bahasa mandarin. Untuk itu, Kementerian Kesehatan RI pun sedang mengupayakan Health Color Card dalam bahasa mandarin.

 

Upaya Kemenkes cegah virus corona

Kemenkes pun juga menyiagakan 21 kapsul evakuasi sebagai upaya mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan mengurangi kontaminasi virus. Rumah sakit rujukan, seperti Rumah Sakit Umum Pusat dr. Kariadi dan Rumah Sakit Pondok Indah disiagakan untuk melakukan simulasi.

Menurut Anung, semua virus bisa sembuh sendiri selama memiliki daya tahan tubuh yang baik. Untuk membentuk daya tahan tubuh yang baik perlu adanya gerakan masyarakat hidup sehat untuk melawan infeksi virus corona.

Masyarakat sendiri dapat melakukan upaya pencegahan virus corona dengan menghindari kontak langsung dengan penderita. Selain itu dianjurkan untuk tidak melakukan perjalanan ke negara yang terjangkit virus corona untuk sementara waktu.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading