Sukses

Lifestyle

4 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi agar Haid Nyaman

Fimela.com, Jakarta Saat sedang haid, biasanya nafsu makan dan pola makan akan berantakan. Suasana hati yang naik turun dan tubuh yang rasanya sakit semua membuat kita kadang kesulitan memilih makanan yang tepat dikonsumsi saat haid. Di sini kita bisa mencoba salah satu langkah yang paling mudah, yaitu memilih buah yang tepat untuk dikonsumsi saat haid.

Beberapa jenis buah ada yang sangat baik dikonsumsi saat haid untuk memberi tubuh kita cukup energi. Selain itu, mengonsumsi buah yang tepat juga bisa bantu redakan gejala nyeri haid. Jadi, apa sajakah buah-buahan yang pas dikonsumsi saat haid?

1. Buah Jeruk

Melansir byrdie.com dalam artikel Best Foods to Eat on Your Period, mengonsumsi kalsium dapat mengurangi rasa depresi dan cemas. Vitamin D dapat mengatur enzim yang mengubah triptofan menjadi serotonin, neurotransmitter yang membantu menstabilkan suasana hati. Selain itu, kalsium dan vitamin D dapat mengatasi gejala PMS. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis bisa dikonsumsi saat haid untuk memberi asupan kalsium dan vitamin D yang cukup.

2. Buah Pisang

Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada buah pisang membuatnya jadi buah terbaik untuk menstabilkan suasana hati. Selain itu, buah pisang kaya kalium dan magnesium yang dapat mengurangi risiko perut kembung dan retensi cairan dalam tubuh. Buah pisang juga dapat mengatasi masalah pencernaan yang kerap dialami sebagian perempuan saat sedang haid.

3. Buah Semangka

Saat ingin makan yang manis-manis, cobalah pilih buah semangka sebagai gantinya. Kandungan gula alami pada buah semangka juga dapat mengatasi perut kembung. Makan secukupnya saja untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Buah Alpukat

Melansir thehealthy.com, Carolyn Dean, MD, penulis The Magnesium Miracle menjelaskan bahwa alasan sebagian perempuan ingin mengonsumsi cokelat saat haid adalah karena membutuhkan magnesium yang cukup. Penelitian membuktikan bahwa magnesium membantu mengatasi gejala PMS seperti sakit kepala dan nyeri haid. Salah satu jenis buah yang mengandung magnesium ini adalah buah alpukat.

Semoga info ini bermanfaat, ya. Saatnya untuk menjaga pola makan yang lebih baik selama haid demi kesehatan dan kenyamanan kita.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading