Sukses

Lifestyle

Penting, Ini 9 Makanan Sehat yang Harus Kamu Hindari saat Sakit

Fimela.com, Jakarta Mungkin ini terdengar tidak masuk akal, namun ternyata ada beberapa jenis makanan sehat yang harus kamu hindari ketika sakit. Ada beberapa jenis makanan sehat yang dapat memburuk kondisimu ketika sakit.

Dilansir dari huffpost.com, Rabu (5/2/2020), berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang harus kamu hindari ketika sakit. Penasaran apa saja?

1. Bayam

Histamin adalah bahan kimia yang diproduksi dalam tubuh untuk melepaskan pemicu gejala alergi, namun juga dapat ditemukan dalam banyak makanan. Histamin dapat memperburuk gejala flu, pilek, dan kelelahan, serta banyak ditemukan dalam makanan sehat, seperti bayam, stroberi, tomat, dan jeruk.

2. Kacang

Kacang mengandung nutrisi penting untuk membantu tubuh melawan infeksi, seperti seng dan vitamin E. Namun, cobalah berhenti mengonsumsi kacang di awal sakit, karena kacang adalah makanan yang tinggi lemak sehingga tubuh harus bekerja lebih keras untuk mencernanya.

3. Brokoli

Brokoli adalah makanan yang sulit dicerna ketika kamu sakit. Untuk menghindari iritasi saluran pencernaan, pilihlah makanan sehat yang rendah serat.

 

 

Keju, makanan fermentasi, dan sayuran mentah

4. Keju

Keju yang telah lama disimpan memiliki banyak histamin. Histamin yang kamu konsumsi dari keju inilah yang kemudian dapat menyebabkan memicu sakit kepala, atau justru memperburuknya.

5. Makanan fermentasi

Tyramine, asam amino yang ditemukan dalam makanan fermentasi seperti kimchi dapat memicu sakit kepala. Beberapa orang mengalami kesulitan untuk memecah tyramine, menyebabkan mereka lebih rentan terhadap sakit kepala.

6. Sayuran mentah

Tergantung pada tingkat keparahan sakit tenggorokan yang kamu alami, makanan dengan tekstur yang kasar lebih sulit untuk ditelan dan dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Jeruk, makanan berbasis susu, dan dedak

7. Jeruk

Makan jeruk saat kamu sakit bisa memperumit kondisimu. Tingkat keasaman yang ditemukan dalam jeruk dapat semakin mengiritasi tenggorokan.

8. Makanan berbasis susu

Makanan berbasis susu mengandung laktosa yang diuraikan oleh lambung dengan bantuan enzim pencernaan yang disebut laktase. Mengonsumsi makanan berbasis susu saat perut sudah sakit dapat mengintensifkan gejala, seperti diare, kembung, dan sakit perut.

9. Dedak

Dedak kaya akan serat yang tidak larut dalam air, sehingga cenderung mengirim makanan melalui usus dengan lebih cepat. Dan ini bukan hasil yang ideal ketika kamu sedang sakit. Hal yang sama berlaku untuk granola, beras merah, dan pasta gandum.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading