Sukses

Lifestyle

Aturan Cuci Tangan yang Benar untuk Putus Rantai Infeksi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Virus Corona yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang menimbulkan efek luar biasa di seluruh penjuru dunia. Cara yang bisa kita lakukan adalah tetap tenang dan selalu waspada untuk menghalau Novel Coronavirus (2019-nCOV) masuk dalam tubuh.

Kita bisa mengikuti panduan WHO untuk mengurangi paparan dan transmisi infeksi melalui personal hygine yaitu kebersihan tangan dan saluran pernapasan. Sejalan dengan panduan tersebut, Ikatan Dokter Indonesia dan Persatuan Dokter Paru Indonesia plus dukungan Mundipharma Healthcare Indonesia tak bosan mengingatkan cara mencegah dan putus rantai virus corona.

Cara termudah yang seringkali abai dilakukan adalah mencuci tangan sebelum memegang mulut, hidung, dan mata serta setelah memegang instalasi publik. Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun cair selama 20 detik dan lap hingga kering menjadi yang direkomendasikan.

"WHO merekomendasikan langkah mencuci tangan dimulai dari telapak, punggung, sela-sela jari, dan ibu jari, lalu bilas dengan kering yang diestimasikan sekitar 20 detik," ujar Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia DR. Dr Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FISR, FAPSR di Doubletree Hotel, Jakarta, Kamis (6/2).

 

Sabun Antiseptik dengan Kandungan Povidone Iodine

The Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology (APIC) dan The US Centers for Disease control (CDC) merekomendasikan penggunaan sabun antiseptik untuk membunuh dan menghambar pertumbuhan organisme da mengurangi jumlah mikroba.

"Salah satu antiseptik Povidone Iodine atau PVP-I terbukti secara klinis memiliki spektrum luas terhadap virus seperti coronavirus (hCOV, SARS-COV, dan MERS,COV). Maka menjaga kebersihan tangan dengan mencuci menggunakan sabun antiseptik yang mengandung povidone iodine atau hand sanitizer yang mengandung alkohol 70% sangat dianjurkan," timpal Medical Director Mundipharma South East Asia dr Murtaza Qasuri di kesempatan yang sama.

Simak video berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading