Sukses

Lifestyle

7 Makanan Enak yang dapat Menyehatkan Jantung

Fimela.com, Jakarta Pola makan kita memainkan peran utama dalam kesehatan jantung. "Makanan yang kita konsumsi dapat meningkatkan atau mengurangi risiko penyakit jantung. Semuanya didasarkan pada komposisi bahan tertentu dan pengaruhnya terhadap tubuh kita," ujar Dr. Roshini Malaney, ahli jantung Manhattan Cardiology.

Menurut Dr. Malaney, makanan sebenarnya dapat memiliki efek langsung pada tekanan darah. Obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan kolesterol tinggi adalah semua faktor risiko penyakit jantung yang berkaitan dengan apa yang kita makan. Perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh dan kaya akan serat dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Ada banyak makanan enak yang bermanfaat untuk sistem kardiovaskular. Melansir dari realsimple.com, berikut tujuh makanan populer yang dapat menyehatkan jantungmu.

Oatmeal

Mulailah harimu dengan semangkuk gandum yang penuh dengan asam lemak omega-3, folat, dan kalium. Makanan berserat tinggi ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu menjaga arteri tetap bersih. Studi menunjukkan bahwa tiga porsi oatmeal utuh atau lebih per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga lebih dari 20%. Pilih gandum yang mengandung lebih banyak serat dan lebih sedikit gula. Kamu dapat mencampurnya dengan pisang untuk tambahan serat.

Ikan salmon

Salmon yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat secara efektif mengurangi tekanan darah dan kadar trigliserida, serta membantu menjaga pembekuan. Kamu bisa mengonsumsinya dua porsi per minggu untuk mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung.

"Salmon mengandung astaxanthin karotenoid yang merupakan antioksidan kuat," ujar ahli jantung Stephen T. Sinatra, M.D. Jika kamu bukan penggemar salmon, ikan berminyak lainnya seperti mackerel, tuna, herring, dan sarden akan memberikan dorongan yang sama.

 

 

Alpukat

Tambahkan sedikit alpukat ke dalam sandwich atau salad bayam untuk menambah jumlah lemak sehat dalam dietmu. Alpukat juga dapat membantu menurunkan kadar LDL sambil meningkatkan jumlah kolesterol HDL dalam tubuh.

"Alpukat itu luar biasa karena dapat menyerap karotenoid lain, terutama beta-karoten dan likopen yang penting untuk kesehatan jantung," kata Dr. Sinatra.

Kacang-kacangan

Kacang almond, kenari, dan makadamia semuanya penuh dengan asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh. Menurut Dr. Sinatra, kacang-kacangan juga menambah serat dalam makanan dan juga merupakan sumber lemak sehat.

Beri

Blueberry, raspberry, dan stroberi penuh dengan agen anti-inflamasi yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Menurut Dr. Sinatra, semua buah beri juga bagus untuk kesehatan pembuluh darah.

 

 

Bayam

Bayam dapat membantu menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima berkat simpanan lutein, folat, potasium, dan seratnya. Studi Kesehatan Dokter memeriksa lebih dari 15.000 pria tanpa penyakit jantung untuk jangka waktu 12 tahun. Mereka yang makan setidaknya dua setengah porsi sayuran setiap hari mengurangi risiko penyakit jantung sekitar 25 persen dibandingkan dengan yang tidak makan sayuran. Setiap porsi tambahannya akan mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 17 persen.

Kedelai

Kedelai dapat menurunkan kolesterol. Bahan makanan yang rendah lemak jenuh ini merupakan sumber protein tanpa lemak yang dapat menyehatkan jantung. Konsumsilah sumber kedelai alami, seperti edamame, tempe, atau tahu sutra organik. Ingatlah untuk memperhatikan jumlah garam dalam kedelai yang terdapat di dalamnya. Menurut Dr. Malaney, diet nabati secara umum dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam usus dan mencegah penyakit jantung.

Nah, itu dia beberapa makanan populer yang dapat menyehatkan jantungmu. Selamat mencoba, Sahabat Fimela.

(Raffinda Eki Puspitasari) 

#ChangeMaker 

Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Kesehatan Kucai, Mencegah Kanker Payudara hingga Lambung
Artikel Selanjutnya
7 Sayuran yang Sangat Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes