Sukses

Lifestyle

Cegah Pencemaran Laut dari Sampah dengan 8 Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Bersantai di pantai dan berenang di laut adalah kesenangan hidup yang terbaik dan paling sederhana. Namun, kenyataannya lautan di dunia sedang berada dalam bahaya serius. Pencemaran, polusi, sampah plastik, bahan kimia berbahaya buatan manusia, dan larutan tabir surya membuat habiitat laut lama kelamaan rusak.

Jangan tinggal diam, apabila kamu masih ingin dapat menikmati keindahan laut dan pantai di tahun-tahun mendatang yuk kita bergerak. Melansir dari popsugar.com, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk membantu mencegah pencemaran laut. Berikut ulasannya.

Pilih barang yang dapat digunakan kembali, bukan plastik sekali pakai

Lakukan pertukaran sederhana seperti menggunakan botol air yang dapat digunakan kembali daripada membeli air mineral dalam botol plastik kemasan setiap saat. Hindari menggunakan peralatan plastik, seperti sedotan sekali pakai. Sebagai gantinya, cari satu set peralatan ramah lingkungan yang bisa kamu andalkan dari sedotan hingga peralatan makan yang bisa digunakan kembali.

Mendaur ulang dengan benar

Mendaur ulang sebisa mungkin adalah keharusan. Pastikan kamu mendaur ulang dengan benar untuk membatasi jumlah sampah plastik berlebih yang masuk ke tempat pembuangan sampah dan berpotensi menjadi limbah di lautan.

Gunakan tabir surya yang ramah lingkungan

Beberapa tabir surya berpotensi dalam merusak habitat laut. Sebelum membeli tabir surya, lakukan riset untuk menentukan apakah itu aman dan tidak beracun saat larut ke dalam air laut. Cari formula yang bebas dari oxybenzone dan octinoxate. Lebih baik kamu pilih formula tabir surya yang berbasis mineral.

Kurangi emisi karbon

Kurangi emisi karbon dengan menjadi lebih sadar dalam keputusan harianmu. Misalnya, selalu mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan dan matikan pemanas atau pendingin udara saat tidak sedang berada di rumah.

Belanja produk kecantikan dengan sebuah misi

Cara mudah lainnya untuk membantu mencegah pencemaran laut adalah membeli produk kecantikan yang mendidik dan menyumbangkan keuntungan untuk membantu menyelamatkan lautan. 

Pesan perjalananmu selanjutnya melalui perusahaan perjalanan yang ramah lingkungan

Ingin segera memesan agen perjalanan untuk liburan? Pertimbangkan merencanakan perjalanan kamu berikutnya dengan bantuan perusahaan perjalanan ramah lingkungan.

Ikut dalam kegiatan sosial membersihkan pantai dan laut

Hubungi teman terdekatmu dan ajak untuk ikut dalam kegiatan sosial. Biasanya beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas pencinta laut untuk membersihkan sampah-sampah yang berada di lautan diadakan secara berkala. Kamu bisa mencari peluang sukarelawan di pantai terdekat.

 

Bergabunglah dengan organisasi kelautan

Ada banyak organisasi yang berjuang untuk menyelamatkan lautan. Beberapa di antaranya adalah Oceana, The Ocean Conservancy, dan Project AWARE. Kamu bisa mendaftar untuk menjadi bagian di dalamnya dan pelajari beragam hal agar tidak mencemari lingkungan. Kamu juga bisa bergabung dalam komunitas pencinta laut yang sudah tersebar di mana-mana.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk membantu mencegah pencemaran laut agar tidak berlanjut. Semua harus dimulai dari diri kita sendiri.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

Loading
Artikel Selanjutnya
Aqua dan Grab Libatkan Masyarakat Mendaur Ulang Sampah Plastik