Sukses

Lifestyle

6 Manfaat Minyak Kelapa dalam Kehidupan

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bahwa minyak kelapa sangat populer saat ini. Bahan serba guna ini memiliki fungsi yang tak ada habisnya. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk segala hal mulai dari memasak hingga melawan keriput. Minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi napas yang kurang segar dan peradangan.

Rasanya yang lezat, kemampuan alami untuk melembabkan, dan manfaat anti-bakteri yang terkandung di dalamnya membuatnya berguna untuk hampir setiap aktivitas dalam keseharianmu. Dilansir dari realsimple.com, berikut enam cara terbaik untuk memanfaatkan minyak kelapa khusus untuk kamu.

Menyegarkan napas

Minyak kelapa memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang kuat yang berarti dapat membantu melawan bau mulut dan gusi yang meradang. Studi menunjukkan bahwa berkumur dengan minyak kelapa selama 10 menit dapat membantu mengurangi bakteri di mulut. Ini berarti minyak kelapa juga dapat menjadi alternatif obat kumur antiseptik. Studi lainnya juga menemukan bahwa berkumur dengan minyak kelapa setiap hari dapat mengurangi peradangan dan plak pada permukaan gigi. 

Meredakan iritasi pada kulit

Tidak hanya itu, minyak kelapa juga dapat meredakan iritasi pada kulit. Berkat sifatnya yang anti bakteri dan melembabkan, penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu mengatasi dermatitis dan eksim pada kulit.

Sejumlah manfaat minyak kelapa dalam kehidupan

Melembabkan kulit

Berkat asam lemaknya, minyak kelapa sangat melembabkan dan aman digunakan pada tubuh dan wajah untuk semua jenis kulit. Minyak kelapa menyerap dengan cepat sehingga memberikan efek yang lebih dewy dan bercahaya dibandingkan dengan lotion lainnya. Aroma tropis dari minyak kelapa yang menenangkan dapat membuat kamu rileks. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai lip balm. Perlu diingat, minyak kelapa bersifat komedogenik sehingga tidak disarankan untuk kulit yang berjerawat.

Menghapus noda

Tidak hanya dapat menyegarkan napas dan melembabkan kulit, minyak kelapa juga dapat menghapus noda yang menempel. Campurkan minyak kelapa dan baking soda dan untuk membentuk pasta. Oleskan ke kain atau furnitur yang bernoda. Tunggu lima atau lebih dan seketika noda akan terhapus.

Menghapus makeup

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas, minyak kelapa juga dapat kamu gunakan untuk menghapus makeup. Bahkan, makeup yang waterproof juga bisa dibersihkan dengan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa langsung ke kulit atau gunakan kapas dan pijat beberapa saat hingga makeup terangkat. Pastikan minyak kelapa tidak mengenai permukaan mata. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pembersih kuas makeup atau beauty blender.

Melembabkan rambut

Kamu bisa gunakan minyak kelapa untuk mengatur rambut yang rusak akibat cuaca lembab. Cukup gosokkan minyak kelapa di antara kedua tanganmu lalu ratakan pada rambut. Ini akan membantu mengunci kelembaban dan meningkatkan kilau rambut juga. 

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa yang dapat berguna untuk keseharianmu. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

(Rafinda Eki Puspitasari)

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menyamarkan Kerutan pada Wajah dengan Minyak Kelapa