Sukses

Lifestyle

Manfaat Mengagumkan dari Berjalan 10.000 Langkah Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Berjalan 10.000 langkah sehari adalah salah satu fitness goal yang sedang populer. Melakukan kebiasaan ini ternyata memiliki manfaat baik bagi tubuh. Apalagi bagi para pekerja kantoran yang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dan duduk di kursi kerja. Biasanya, sakit punggung, rasa tubuh yang sering lelah, kurangnya motivasi diri, hingga stres, adalah sejumlah masalah yang kerap dialami orang yang memiliki rutinitas kurang gerak.

Lalu sebenarnya, adakah manfaat dari melakukan aktivitas berjalan 10.000 langkah setiap hari? Seperti yang dilansir dari Readersdigest.ca, simak sejumlah kebaikannya berikut ini. 

Menyehatkan jantung

Aktivitas fisik yang teratur membantu meningkatkan jumlah oksigen dalam darah yang membuat tubuh semakin bugar. Cara terbaik untuk meningkatkan kadar oksigen baik dalam darah bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan juga olahraga. Dengan oksigen yang baik, darah juga akan semakin lancar dan mampu terpompa optimal ke jantung. Hal ini yang membuat jantung semakin sehat.

Menguatkan paru-paru

Bergerak degan cara rutin berjalan 10.000 langkah setiap hari akan memperkuat paru-paru. Hal ini juga berkat oksigen dalam tubuh yang menjadi lebih baik, dan pernapasan akan semakin optimal.

Manfaat berjalan 10.000 langkah setiap hari

Menjadikan konsentrasi lebih baik

Aktivtas fisik mampu menjadikan hormon dalam tubuh lebih seimbang. Selain itu, tubuh juga akan memproduksi hormon endorfin dalam tubuh yang mampu membangkitkan perasaan senang. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif tubuh sehingga mampu mengurangi perasaan cemas, stres, dan meningkatkan produktivitas berkat fokus dan konsentrasi yang lebih terjaga.

Memperkuat tulang

Aktivitas fisik juga bisa meningkatkan kekuatan tulang. Bahkan hal ini juga mampu mengurangi gejala osteoporosis yang bisa terjadi pada siapa saja. Jadi, mulailah untuk berolahraga ringan setidaknya jalan kaki 10.000 langkah setiap hari.

Membantu menstabilkan gula darah

Di saat kamu aktif melakukan aktivitas fisik, maka glukosa dalam tubuh akan lebih seimbang. Hal inilah yang membantu tubuh dalam mengontrol insulin agar lebih seimbang.

Membantu mengatasi darah rendah

Lemah, letih, lesu, adalah ciri seseorang yang menderita darah rendah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar darah dalam tubuh agar lebih seimbang adalah dengan olahraga. Dengan berjalan rutin 10.000 langkah setiap hari, maka darah di tubuh akan lebih seimbang dan terhindar dari darah tinggi ataupun darah rendah.

 

#ChangeMaker

Loading