Sukses

Lifestyle

Tidak Perlu Khawatir, Ini Hal Wajar yang Sebabkan Payudara Terasa Sakit

Fimela.com, Jakarta Sebagai perempuan, kadang rasa nyeri sedikit saja langsung membuatmu sangat khawatir. Misalnya, rasa sakit di punggung, atau perut. Pasalnya, banyak perempuan yang khawatir memiliki penyakit serius seperti kanker atau tumbuhnya sebuah benjolan di salah satu area tubuh. 

Salah satu tubuh yang sangat menjadi perhatian hampir semua perempuan adalah payudara. Ada begitu banyak perubahan pada organ tubuh yang satu ini, sejak kamu lahir hingga dewasa seperti sekarang ini. Bukan hanya perubahan ukuran, tetapi kadang juga timbul berbagai rasa, seperti nyeri, gatal, dan sakit. 

Ada beberapa penyebab payudara terasa sakit. Seperti timbulnya sel-sel ganas atau tumor. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling banyak ditemukan pada perempuan. Namun, rasa sakit ini kadang tidak perlu kamu terlalu khawatirkan. Berikut beberapa penyebab payudaramu terasa sakit. 

Saat Menstruasi

Ini sudah bukan lagi menjadi rahasia di kalangan perempuan. Sebelum atau selama masa menstruasi, sebagian perempuan merasakan rasa sakit pada area payudara. Hal ini, tulis Hello Giggles, terjadi karena payudara tumbuh lebih membesar karena perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus menstruasi. 

 

Cara Pencegahan

Ternyata, meskipun ini berhubungan dengan siklus menstruasi, rasa sakit pada payudara bisa kamu cegah dengan berbagai cara. Salah satunya, Hello Giggles menulis, dengan mengontrol asupan makanan. 

Menurut spesialis bedah plastik dan rekonstruksi payudara,  Dr. Constance M. Chen, makanan yang mengandung karbohidrat, gula dan makanan seperti roti, mampu menimbulkan retensi cairan pada payudara. Selain itu, minuman berkafein juga akan memperburuk rasa sakit pada payudara pada sebelum atau pada saat masa menstruasi. Jadi, pastikan Sahabat Fimela untuk mengatur asupan makanan sebelum dan pada saat haid. 

Simak Video Berikut

;
Loading