Sukses

Lifestyle

Manfaat Selimut Tebal dan Berat untuk Kesehatan Mental dan Gangguan Tidur

Fimela.com, Jakarta Siapa sangka selimut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan cuma berfungsi menghangatkan tubuh, selimut juga bisa membuatmu nyaman dan tidur lebih nyenyak. Tidak ada selimut yang sangat nyaman kecuali selimut tebal yang begitu menghangatkan. 

Bukan cuma itu, selimut tebal dan berat ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Dilansir dari Hello Giggles, selimut kesehatan yang memiliki beban tambahan ini disebut weighted blanket. Jadi, beban selimut ini bukan cuma murni karena ketebalan dan bahan dasar yang digunakan, tetapi memang sengaja ditambahkan untuk kebutuhan terapi. 

Beban tersebut berasal dari berbagai macam bahan, seperti polyfill yang bisa dilepas dan dipasang kembali kapan saja, poly pallets atau glass beds dan stainless steel microbeads. 

Biasanya, berat selimut harus disesuaikan berat badanmu. Idealnya, berat selimut harus 10% lebih berat dari tubuhmu, ditambah 0,45 kg untuk selimut kecil, 0,9 kg untuk selimut sedang, dan 1,3 kg untuk selimut besar. Apa saja manfaat selimut dengan beban yang disesuaikan berat tubuh ini?

Mengurangi Gangguan Kecemasan

Pendiri salah satu brand selimut berat SensaCalm, Donna Chambers, mengatakan para penderita gangguan kecemasan lebih memilih solusi yang lebih menenangkan dirinya, ketimbang harus terus minum obat. 

"Ini sebabnya, industri weighted blankets belakangan ini mulai berkembang dengan pesan dan sangat populer. Berat yang dimiliki selimut tersebut akan menekan tubuhmu, sehingga kamu bisa merasa lebih tenang, relaxed, dan lebih tidak cemas," katanya kepada Hello Giggles. 

Mengurangi Insomnia

Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Sleep Medicine & Disorders di tahun 2015 menunjukkan, selimut berat dapat menjadi salah satu terapi bagi penderita insomnia. Para penelitia menemukan kalau mereka yang mengalami insomnia dapat tidur lebih baik dan nyenyak. 

 

Di Indonesia sendiri, weighted blanket mulai  populer. Kamu mungkin akan jarang menemukannya di toko-toko offline, namun kini sudah mulai banyak penjual online yang menawarkan selimut berat untuk kamu yang membutuhkan. Sahabat Fimela tertarik? 

#ChangeMaker

Loading