Sukses

Lifestyle

Olahraga Triathlon Bali Akan Digelar Kembali dan Dikuti Oleh Atlet Dunia

ringkasan

  • Festival olahraga yang melombakan tiga cabang olahraga, diadakan April di Bali
  • Format balapan Triple Mix terdiri dari tiga tahap yaitu berenang (300 meter), sepeda (4 kilometer) dan lari (1,6 kilometer).

Fimela.com, Jakarta Gelaran multicabang olahraga, BCA Super League Triathlon (SLT) akan kembali digelar di kawasan Resor Ayodya, Nusa Dua, Bali pada 3 sampai 5 April mendatang.

Festival olahraga yang melombakan tiga cabang olahraga itu diikuti atlet dunia baik profesional maupun amatir. Salah satu atlet yang mengikuti kompetisi ini ialah Asihta Aulia Azzahra. Pada usia 18 tahun, Asihta mengukir namanya sebagai seorang tokoh potensial ketika ia menjadi triathlete Indonesia pertama yang bersaing di Piala Dunia 2019. Ia membuat debut SLT-nya tahun lalu, bersama dengan enam triathlet Indonesia lainnya, menjadikan Asihta salah satu hasil pemain terbesar dalam acara tahun ini.

“Saya akan senang menjadi wanita Indonesia pertama yang lolos ke seri Championship. Ini sangat berarti bagi saya, terutama jika saya bisa melakukannya di kandang saya sendiri. Ini akan menantang, tapi saya suka tantangan,” papar  Asihta, yang berpotensi menjadi orang Indonesia pertama yang lolos ke Seri Kejuaraan, dalam siaran pers yang diterima Fimela.com

BCA Super League Triathlon Bali 2020 akan berfokus terutama pada kategori Triple Mix dan Eliminator. Dikenal sebagai ‘Master of Versatility’, Triple Mix merupakan perusak dalam urutan tradisional berenang – bersepeda – berlari pada triathlon. Triathletes harus mengendalikan tubuh mereka dalam kategori yang menyiksa ini, dan jatuh 90 detik lebih cepat akan berakhir pada eliminasi. 

Format balapan trilpe mix

Format balapan Triple Mix terdiri dari tiga tahap yaitu berenang (300 meter), sepeda (4  kilometer) dan lari (1,6 kilometer). Tahap 1 dimulai dengan berenang, diikuti oleh sepeda dan selesai dengan lari, sedangkan Tahap 2 dimulai dengan lari, diikuti oleh sepeda dan berenang. Urutan yang diacak tersebut akan selesai dalam 3 tahapan yang akan dimulai dengan bersepeda, diikuti dengan berenang dan berlari. Triathletes diberikan istirahat enam hingga 10 menit di setiap tahapannya, yang mana waktu istirahat tersebut berdasarkan waktu kedatangan atlet pertama.

Triathlon kembali ke akarnya dengan Eliminator, yang merupakan format pertama yang dilombakan di Super League. Dijuluki Master Of Tenacity, Eliminator memberi tekanan tinggi pada posisi lapangan. Ini berarti triathletes harus bertarung dengan semua elemen dan menyelesaikan tangga untuk menghindari eliminasi.

Tiga tahap Eliminator terdiri dari berenang 300 meter, 4 kilometer bersepeda dan 1,6 kilometer. Istirahat enam menit diberikan di antara setiap tahapan. Tantangannya, adalah triathletes untuk mencapai posisi tertinggi mereka untuk dinobatkan sebagai yang paling tangguh di sirkuit. Jika tertarik, peserta dapat mendaftar di https://superleaguetriathlon.com/event/slt-qualifier-bali-420/. 

#Changemakers

;
Loading