Sukses

Lifestyle

Jadi Terlalu Konsumtif, Begini Panduan Tepat untuk Berhenti Minum Soda

Fimela.com, Jakarta Soda adalah salah satu minuman populer yang digemari banyak orang, selain dikemas dengan berbagai macam rasa, sensasi rasa soda yang unik membuat penggemar minuman ini menjadi konsumtif terhadap minuman bersoda. Seperti diketahui bahwa soda tidak baik untuk kesehatan, Sahabat Fimela. Terlalu banyak mengonsumsi soda dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, penyakit hati, dan kanker. Ini juga terkait dengan kesehatan gigi yang buruk, energi yang rendah, dan kesehatan kulit yang buruk.

Ketika berbicara tentang minum terlalu banyak soda, berhenti melibatkan lebih dari sekadar keinginan. Ada alasan biokimia mengapa orang mendambakan makanan dan minuman berkadar gula tinggi. Soda dan makanan tinggi gula lainnya dapat memberikan stimulasi yang kuat untuk sistem otak kamu, ini lah yang menyebabkan seseorang "mengidam".

Meskipun mungkin sulit untuk berhenti mengonsumsi soda, bahkan jika kamu tahu itu tidak baik untuk kamu, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mengurangi soda dan mengembalikan kesehatan tubuh. Melansir dari healthline.com di bawah ini adalah strategi untuk membantu kamu berhenti mengonsumsi soda. 

Cara tepat untuk berhenti minum soda

1. Minum lebih banyak air

Dalam beberapa kasus, mengidam soda bisa dikacaukan dengan rasa haus. Jika kamu merasakan keinginan untuk minum soda, cobalah minum segelas besar air terlebih dahulu dan tunggu beberapa menit. Mungkin keinginan itu akan hilang setelah kamu memuaskan dahaga. Air tidak hanya bagus untuk memuaskan dahaga, tetapi juga membantu kamu tetap terhidrasi.

2. Hindari lapar

Kelaparan adalah pendorong utama ngidam, termasuk minum soda. Karenanya, pastikan kamu tidak merasa kelaparan agar dapat membantu kamu melawan keinginan mengidam soda. Untuk mencegah kelaparan, pastikan kamu makan secara teratur dan memiliki makanan ringan yang sehat untuk berjaga-jaga saat rasa lapar datang. Menyiapkan makanan juga dapat membantu kamu menghindari perasaan lapar.

Cara berhenti dari kecanduan soda

3. Mencoba alternatif soda

Terkadang, cara termudah untuk mengekang keinginan adalah menggantinya dengan sesuatu yang serupa. Ada banyak pilihan minuman sehat yang dapat memberi kamu rasa yang menyegarkan seperti minum soda, diantaranya:

a. Interfusikan air soda

Tambahkan irisan buah favorit kamu ke dalam air soda untuk pengganti soda yang lezat.

b. Sparkling teh hijau

Beberapa perusahaan memproduksi teh hijau menyegarkan yang mengandung jauh lebih sedikit gula daripada soda dan memberikan manfaat teh hijau.

c. Kombucha

Ini adalah teh probiotik lezat yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan yang sama dengan minum teh.

d. Air dengan mint dan mentimun

Minuman menyegarkan ini mungkin tidak hanya memuaskan dahaga, tetapi juga membantu mengekang keinginan kamu untuk minum soda.

e. Herbal atau teh buah

Minuman ini tidak hanya bebas kalori tetapi bahkan dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

f. Air kelapa

Meski tidak bebas kalori, minuman alami ini masih merupakan pilihan yang jauh lebih sehat daripada soda manis.

Ketika kamu mengurangi minum soda, kamu mungkin akan mengalami efek samping. Jika kamu terbiasa minum beberapa kaleng soda per hari, kamu mungkin mengalami gejala penarikan kafein, karena sebagian besar merek soda populer mengandung kafein. Gejala penarikan kafein ini termasuk sakit kepala, kelelahan, kecemasan, lekas marah, dan energi rendah.

Tidak perlu khawatir, karena kamu dapat mengatasinya dengan minum banyak air untuk menghindari dehidrasi dan perbanyak tidur untuk mengatasi kelelahan.

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

;
Loading