Sukses

Lifestyle

4 Tanda Depresi Paling Umum yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah merasa sedih, hal itu wajar. Namun, sedih yang tak kunjung membaik bisa saja menjadi tanda kalau kamu sebenarnya sedang tertekan. Penting bagi kamu untuk mengenali perbedaan antara perubahan mood yang biasa dengan tanda bahwa kamu sedang tertekan atau depresi.

"Depresi adalah gangguan mental yang memengaruhi perasaan, berpikir, dan bertindak, dan dapat menyebabkan masalah emosional atau fisik yang serius," kata Barbara Nosal, PhD, LMFT, LADC, kepala petugas klinis di Newport Academy di Orange County, California.

Jadi, sangat mungkin untuk setiap orang mengalami depresi dan tidak menyadarinya. Untuk membantu kamu mengetahui tanda depresi, melansir dari realsimple.com, berikut gejala depresi paling umum yang harus kamu perhatikan.

1. Perasaan sedih atau putus asa

Ini adalah gejala depresi yang paling umum, kata Dr. McCutcheon. Ini termasuk perasaan sedih yang berlebih dan menjadi orang yang pesimis tentang masa depan kamu. Bahkan, hal ini dapat kamu alami walaupun sebenarnya segala sesuatu dalam hidup kamu berjalan dengan baik.

2. Kehilangan Ketertarikan

Ketika kamu mulai tidak tertarik dengan kegiatan apapun bahkan yang sebenarnya kamu suka, hal inivdisebut dengan anhedonia. Ini adalah gejala inti dari depresi yang dapat terjadi dengan atau tanpa suasana hati yang buruk, kata Dr. McCutcheon. Akibatnya, motivasi kamu terpengaruh, sehingga lebih sulit untuk bekerja atau mempertahankan hubungan.

3. Masalah tidur

Memang banyak orang yang memiliki masalah dengan waktu tidur sehingga tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Meskipun tidak semua masalah tidur disebabkan oleh depresi, mereka bisa menjadi indikator bahwa kamu mengalami depresi. Depresi dapat membuat insomnia kamu semakin memburuk.

4. Kelelahan

Studi menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen orang dengan depresi menderita kelelahan. Hal ini berpengaruh secara fisik dan mental. Sulit untuk kmu melakukan tugas sehari-hari. Kelelahan yang disebabkan oleh depresi biasanya akan berlangsung lama, setidaknya selama dua minggu.

Depresi akan sangat mengganggu kehidupan kamu sehari-hari. Jika kamu menemukan tanda-tanda ini, jangan malu untuk mengonsultasikan kepada ahlinya. Dengan mengonsultasikannya, kamu dapat mencegah hal-hal yang buruk terjadi.

#ChangeMaker

Penulis: Zhafira Majdina

;
Loading