Sukses

Lifestyle

7 Makanan yang Bisa Membantu Meringankan Berbagai Penyakit

Fimela.com, Jakarta Jika ada makanan tertentu yang dapat membantu memulihkan tubuh dan pikiran, maukah kamu memakannya? Kamu mungkin pernah mendengar pepatah ini "satu apel sehari akan membuat dokter menjauh" dan itu benar. Jika kamu mengkonsumsi makanan-makanan tertentu bisa jadi penyakit yang sedang dialami akan sembuh.

Pada kenyataannya, banyak makanan yang memiliki kekuatan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraanmu secara keseluruhan dari ujung rambut sampai ujung kaki jika sering dikonsumsi. Melansir dari thelist.com, berikut beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi karena memiliki kekuatan dalam meringankan beragam masalah kesehatan.

Cranberry

Cranberry dikenal dapat membantu mencegah penyakit infeksi saluran kemih atau yang biasa kita kenal ISK. Selain itu, cranberry juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi dan menyembuhkan tubuh dari kerusakan sel. Menurut Penelitian Nutrisi dan Makanan Molekuler, cranberry bahkan mengandung senyawa yang dapat membantu menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker payudara, paru-paru, dan usus besar.

Alpukat

Alpukat adalah sumber serat dan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik. Tidak hanya itu, alpukat juga bebas natrium dan kolesterol. Buah yang penuh dengan kalium ini memainkan peran penting dalam membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan, alpukat mengandung lebih banyak potasium daripada pisang.

Seperti yang dibahas dalam Archives of Medical Research, alpukat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Dengan demikian, alpukat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Tak hanya buahnya, minyak alpukat pun telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit radang sendi.

Oatmeal

Telah lama dianggap sebagai sarapan wajib dipagi hari, oatmeal memiliki sifat penyembuhan yang tak terhitung jumlahnya. Oatmeal dapat membantu menjaga kesehatan tubuh baik dari dalam maupun luar. Selain itu, oatmeal kaya akan serat, membantu menurunkan kolesterol jahat, dan dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Studi di British Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa gandum memainkan peran penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular dan memiliki banyak manfaat kesehatan jantung. Tidak hanya itu, penggunaan rendaman oatmeal pada kulitmu dapat membantu mengobati kondisi dermatologis tertentu, termasuk psoriasis, dermatitis, dan ruam. 

 

Makanan yang

Greek yogurt

Greek yogurt adalah hidangan ringan yang populer dan mudah didapat. Greek yogurt juga merupakan sumber kalsium yang bagus dan mengandung hampir dua kali lipat jumlah protein yang ditemukan dalam yogurt biasa.

Kekuatan penyembuhannya sebenarnya ditemukan dalam probiotiknya, yakni bakteri sehat yang ada dalam usus dan dapat membantu pencernaan. Faktanya, ini adalah salah satu alasan utama bahwa yogurt sering dikonsumsi oleh mereka yang berjuang melawan berbagai masalah usus, seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa.

Bayam

Bayam merupakan sumber zat besi yang membuat tubuh menjadi kuat. Selain itu, bayam juga dapat menurunkan tekanan darah dan membantu menjaga otak berfungsi lebih baik. Bayam juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula serta menghambat pertumbuhan kanker tertentu.

Kiwi

Meskipun ukurannya kecil, kiwi memiliki kekuatan yang besar dalam hal penyembuhan. Kiwi dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular serta membantu mencegah berbagai kanker.

Manfaatnya tidak berhenti di situ saja karena penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kiwi dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Kiwi juga mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan kulit dari jerawat.

Cokelat hitam

Cokelat hitam penuh dengan antioksidan dan mengandung kekuatan reparatif sel yang penting. Penelitian juga menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak, serta mencegah pembekuan darah. Mengkonsumsi cokelat hitam juga terbukti membantu meningkatkan kadar serotonin pada otak dan dapat membantu menyembuhkan suasana hati yang buruk, Sahabat Fimela. 

Penulis: Rafinda

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Cloud Egg
Artikel Selanjutnya
Menu Hari Ini: Bubur Telur, Mie Gomak dan Kari Udang