Sukses

Lifestyle

3 Cara Sederhana Menjadi Pribadi yang Lebih Baik di Masa Depan

Fimela.com, Jakarta Semua orang pada dasarnya memiliki tujuan yang sama dalam hidup, yaitu kebahagiaan. Hampir tidak seorang pun, yang tak ingin memperjuangkan kebahagiaannya. Tak heran jika kebahagiaan menjadi hal nomor satu bagi semua orang.

Menemukan kebahagiaan tidak selalu mudah, tetapi salah satu cara terbaik untuk menjadi lebih bahagia adalah menjadi seseorang yang lebih baik untuk dirimu, bukan? Kedengarannya ini adalah hal yang mengerikan dan itu tidak mudah, tetapi ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil. Simak beberapa cara berikut ini tentang bagaimana menjadikan dirimu sosok yang lebih baik, melansir dari Allwomenstalk.com. 

1. Memaafkan

Ini mungkin akan terdengar sedikit klise, tetapi hadiah terindah yang bisa kamu berikan kepada seseorang adalah memaafkan. Jika seseorang menunjukkan penyesalan yang tulus atas kesalahan yang telah mereka lakukan, sekarang saatnya untuk melanjutkan.

Kamu pasti tidak ingin kehilangan sosok teman yang begitu berharga untukmu hanya karena kamu terlalu keras kepala untuk memaafkan mereka. Pada akhirnya, tidak ada di antara kita yang sempurna, apabila itu terasa sulit untuk memaafkan. Cobalah bayangkan ketika kamu mungkin memiliki banyak kesalahan kepada orang lain, dan berharap untuk dimaafkan juga.

Jika hubungan benar-benar rusak tidak dapat diperbaiki, tidak apa-apa untuk melepaskannya. Hanya karena kamu dapat memaafkan seseorang, bukan berarti kamu akan memercayai mereka lagi, bukan? Jadi jangan menyalahkan diri sendiri jika kamu harus memutuskan hubungan karena sebuah kesalahan. Bahkan dalam situasi ini sekalipun, kamu harus mencoba untuk berdamai dengan dirimu sendiri.

Kamu akan merasa lebih baik dan orang-orang yang memiliki kesalahan itu pasti juga akan merasa lebih baik, karena kamu tidak meninggalkan mereka dengan rasa bersalah yang luar biasa yang mungkin tidak akan pernah hilang karena mereka tidak pernah memiliki kesempatan untuk memperbaiki keadaan.

2. Jangan menghakimi

Kita semua paati akan merasa bersalag karena menghakimi orang lain, bahkan ketika orang lain berpikir kita cukup liberal. Orang biasanya bertindak menghakimi seseorang yang tidak mereka kenal semata-mata berdasarkan pada pengetahuan orang tersebut yang terbatas, seperti agama, ras, jenis kelamin, usia, selera mode, atau hal lainnya.

Memang benar bahwa kamu harus mencoba dan berhenti menghakimi orang lain dengan cara ini karena kamu benar-benar tidak tahu apa-apa tentang mereka, dan tidak tahu tentang perjuangan yang mungkin mereka hadapi, betapa mereka memiliki hati yang baik, serta seberapa kuat mereka

Menghamimi juga bisa berarti menilai orang yang kita kenal juga, bahkan orang yang kamu rasa kita kenal dengan baik, jika mereka terlibat dalam segala jenis kegiatan atau memiliki pandangan yang tidak kamu setujui. Kamu akan cenderung bergosip tentang pilihannya yang tidak kamu setujui, padahal sebenarnya kita harus berbicara dengan orang tersebut, memahami keputusan mereka, dan jika perlu berbagilah kekhawatiranmu dengan mereka.

3. Belajar dari Kesalahan

Memang benar bahwa tidak ada yang sempurna, jadi kamu pasti pernah membuat banyak kesalahan dalam hidup. Tetapi, ini tidak membuat kamu menjadi orang jahat, namun ada satu cara yang sangat baik untuk menjadi orang yang lebih baik, yaitu belajar dari kesalahan itu sendiri dan berbuat lebih baik lain kali.

Bersikap terlalu jujur ​​dan menyakiti perasaan seseorang, bersikap egois, cepat marah, atau hal lain yang menjadi kesalahan kamu dulu, cobalah untuk melakukan hal yang berbeda lain kali. Mengubah dirimu tidak hanya berarti bahwa tindakan kamu lebih baik dan bahwa kamu akan membawa lebih banyak kebahagiaan kepada orang lain, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu benar-benar menyesal atas kesalahan di masa lalu.

Melakukan beberapa hal baik, membuat kamu menjadi orang yang jauh lebih baik karenanya. Ini bukan hanya perubahan gaya hidup tetapi perubahan dalam cara kamu berpikir dan berinteraksi dengan orang lain, dan itu tidak akan berubah secepatnya. Bukan hanya tindakan saja, tetapi juga sikap dan proses berpikir kamu yang harus berubah, tetapi tindakan menjadi tempat yang baik untuk memulai.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan untuk menjadi orang yang lebih baik?

#ChangeMaker

Penulis: Iffah Nurahmah

Loading
Artikel Selanjutnya
Tanpa Gejala Seseorang Bisa Terinveksi Virus Corona COVID-19
Artikel Selanjutnya
4 Tanda Depresi Paling Umum yang Perlu Diketahui