Sukses

Lifestyle

Bukan dengan Suplemen atau Bubuk, Makanan Probiotik Bisa Atasi Masalah Pencernaan

ringkasan

  • Daripada gunakan suplemen atau bubuk, lebih baik konsumsi makanan probiotik yang banyak untuk atasi masalah pencernaan
  • Selain itu, konsumsi prebiotik sebagai salah satu jenis serat makanan yang baik bagi kesehatan usus

Fimela.com, Jakarta Beragam masalah pencernaan bisa terjadi pada tubuh kita. Sekaligus menjadi salah satu topik kesehatan yang cukup rumit.

Untuk mengatasinya, tiga nutrinionis yang dilansir dari Purewow pada Rabu (4/3/2020) menuturkan bahwa makan makanan probiotik menjadi kunci untuk mengatasi masalah pencernaan. Bukan dengan memprioritaskan tidur, berolahraga lebih banyak, apalagi mengonsumsi suplemen probiotik.

[bacajuga:Baca Juga](4006229 4120261 3939009)

"Banya orang dengan masalah pencernaan langsung beralih ke suplemen dan bubuk. Namun langkah pertama dan yang paling kuat untuk dapat dilakukan adalah memulai diet dengan maka makanan yang mendukung kesehatan usus," ungkap ahli gizi klinis Sharon Brown.

Ada banyak makanan probiotik yang mudah ditemui dan bisa dikonsumsi setiap hari. Seperti kimchee, yogurt, dan kaldu tulang. Makanan ini mengandung nutrisi seperti kolagen dan glutamin yang mendukung integritas lapisan usus.

 

Tambahkan prebiotik

Secara spesifik, tidak ada satu jenis makanan pun yang mengandung semua jenis bakteri probiotik utuh untuk menjaga kesehattan usus. Sehingga disarankan untuk melakukan kombinasi atau berganti-ganti varian makanan probiotik yang dikonsumsi.

Selain makanan probiotik, prebiotik yang merupakan jenis serat makanan juga penting untuk menjaga kesehatan usus. Sebuah penelitian yang dilakukan King's College London pada 2018 menemukan bahwa serat prebiotik dalam makanan tertentu mungkin lebih bermanfaat untuk usus.

Seperti misalnya bawang putih yang secara alami mengandung banyak inulin atau karhodirat yang tidak dicerna untuk memberi makan bakteri baik dalam sistem percernaan. Bawang putih sebenarnya menambah pertumbuhan bakteri yang ramah di usus dan mencegah bakteri tumbuh.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading