Sukses

Lifestyle

5 Cara Sederhana Mencegah Penyebaran Virus Corona dari WHO

Fimela.com, Jakarta Pada Januari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan menjangkitnya penyakit virus corona baru di Provinsi Hubei, Cina menjadi Darurat Kesehatan Masyarakat dari Kepedulian Internasional. WHO menyatakan ada risiko tinggi penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) dapat menyebar ke negara lain, termasuk sudah sampai di Indonesia.

WHO dan otoritas kesehatan publik di seluruh dunia mengambil tindakan untuk membendung COVID-19, namun, keberhasilan jangka panjang tidak bisa diperoleh begitu saja. Semua bagian dari masyarakat kita - Termasuk pembisnis dan pengusaha - harus berperan jika kita ingin menghentikan penyebaran penyakit ini.

Risiko penyakit serius meningkat sesuai dengan usia: orang di atas 40 tahun tampaknya lebih rentan daripada mereka yang di bawah 40. Orang dengan yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan orang-orang dengan kondisi seperti diabetes, penyakit jantung dan paru-paru juga lebih rentan terular menjadi penyakit serius.

Virus corona bisa tersebar di mana saja, termasuk di tempat kerja. Apalagi kita menghabisan sebagaian waktu seharian di tempat kerja. Untuk itu, berikut cara sederhana mencegah penyebaran Covid-19 dari WHO.

1. Pastikan tempat kerja Anda bersih dan higienis

1. Pastikan tempat kerja Anda bersih dan higienis

Meja tulis, meja lainnya dan objek misal telepon dan keyboard harus dibersihkan dengan disinfektan secara teratur. Karena kontaminasi pada permukaan yang disentuh oleh karyawan yang terjangkit COVID-19 adalah salah satu cara utama COVID-19 menyebar.

2. Mencuci tangan secara teratur

Tempatkan dispenser pembersih tangan di tempat-tempat umum di sekitar tempat kerja. Pastikan dispenser ini diisi ulang secara teratur. Pastikan untuk mendapatkan akses mudah cuci tangan karena mencuci tangan dapat membunuh virus di tangan Anda dan mencegah penyebaran COVID-19.

3. Kebersihan udara di tempat kerja

Jaga kebersihan udara di tempat kerja. Usahakan agar udara tetap bersih sehingga meminimalisir dampak negatif pada tubuh.

4. Pastikan masker wajah atau tisu kertas tersedia

Pastikan masker wajah di tempat kerja untuk mereka yang menderita pilek atau batuk di tempat kerja. Sediakan juga tempat sampah tertutup agar tetap higienis.

5. Berhati-hati

Siapa pun dengan batuk ringan atau demam ringan (37,3 C atau lebih) harus tetap tinggal di rumah. Mereka harus tinggal di rumah (atau bekerja dari rumah) dan meminum obat-obatan seperti parasetamol/asetaminofen, ibuprofen atau aspirin, yang dapat mengobati gejala infeksi.

 

 

#changemaker

;
Loading