Sukses

Lifestyle

4 Tanda Usus Tidak Sehat dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kesehatan usus adalah hal yang perlu kamu perhatikan. Mikrobioma usus juga dapat mempengaruhi kesehatan otak, kesehatan jantung, emosi dan lain sebagainya. Namun bagaimana kamu tahu bahwa saluran pencernaan dalam keadaan baik?

Peneliti mikrobioma, Mahmoud Ghannoum Ph.D., penulis Total Gut Balance, mengatakan ada beberapa tanda bahwa usus sedang bermasalah. Melansir dari purewow.com, berikut tanda bahwa saluran pencernaan sedang bermasalah dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Masalah pencernaan

Jika kamu mengalami sakit perut, sembelit, diare, mual, dan kembung, mungkin kamu memiliki masalah usus. Dalam kasus ini, bisa saja terjadi peningkatan bakteri berbahaya dan jamur pada usus. Ketidakseimbangan ini membuat saluran pencernaan kamu sulit untuk memecah makanan. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi probiotik seperti yogurt, kombucha, kimchi dan lain sebagainya yang dapat membantu menambah bakteri baik untuk usus kamu.

2. Sulit tidur

Insomnia atau sulit tidur bisa menjadi tanda bahwa kesehatan usus kamu sedang bermasalah. Hal ini terjadi karena, serotonin atau hormon yang berkaitan dengan suasana hati diproduksi di usus. Dan ketika lebih sedikit serotonin yang diproduksi, itu dapat menyebabkan kamu kesulitan tidur. Untuk mengatasinya, kamu harus tidur antara tujuh dan sembilan jam setiap malam. Agar kamu dapat tidur dengan nyaman, buatlah ruang tidur kamu senyaman mungkin dengan suhu ruangan yang dingin dan tidurlah tanpa ada cahaya dari TV yang menyala. 

Tanda usus yang tidak sehat

3. Masalah kulit

Memiliki ketidakseimbangan dalam mikrobioma usus kita dapat menyebabkan masalah kulit termasuk jerawat dan serta dermatitis atopik," kata Ghannoum. Itu karena usus dan kulit saling berhubungan dan saluran pencernaan yang tidak seimbang menyebabkan peradangan. Cara mengatasi masalah ini dan membuat kulit kamu bercahaya, disarankan untuk memilih produk organik bila memungkinkan dan membiarkan kulit bernafas, tanpa menggunakan makeup.

4. Meningkatnya kecemasan

Ketidakseimbangan mikroba mengubah bahan kimia tertentu di otak seperti serotonin dan dopamin yang secara langsung memengaruhi suasana hati. Perubahan ini dapat menyebabkan peningkatan kecemasan dan depresi pada seseorang. Untuk mengatasinya, kamu harus mengurangi tingkat stress kamu, contohnya dengan meditasi. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan usus kamu.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Komunikasi yang Baik dengan Pasangan akan Tingkatkan Kepuasan Bercinta
Artikel Selanjutnya
Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Umum