Sukses

Lifestyle

5 Makanan Sehat yang Sebenarnya Mengandung Banyak Gula

Fimela.com, Jakarta Yakin sudah mengkonsumsi makanan sehat setiap hari? Sebab beberapa makanan yang disebut bergizi sebenarnya memiliki kandungan gula cukup banyak.

Sugar Science dari University of California, San Francisco menjalani tugasnya untuk mengedukasi konsumen tentang gula. Informasi di situs tersebut berasal dari 8.000 makalah penelitian dan peringatan terhadap risiko terlalu banyak mengonsumsi gula, termasuk penyakit hati, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

WHO merekomendasikan orang dewasa mengonsumsi gula maksimal 25 gram atau enam sendok teh per hari. "Batas yang disarankan sama sekali tidak banyak dan ini sepertinya sulit untuk dipenuhi, mengingat sebagian besar dari kita mengonsumsi gula tiga kali lebih banyak daripada yang direkomendasikan," ujar Julie Upton, M.S., R.D., CSSD.

Melansir dari realsimple.com, inilah beberapa makanan sehat yang harus dikonsumsi secukupnya karena mengandung lebih banyak gula dari yang kamu pikirkan.

 

Yogurt dan Granola

Yogurt

Salah satu makanan sehat yang mengandung banyak pemanis adalah yogurt. Beberapa jenis yogurt bahkan memiliki lebih banyak gula daripada Twinkie dan merek rendah lemak dan beraroma lainnya.

Yogurt mungkin mengandung sebanyak 29 gram gula per sajian. Ketika ingin membeli yogurt, hindari varian yang memiliki rasa atau rendah lemak karena jenis ini cenderung memiliki lebih banyak gula daripada yogurt biasa.

"Carilah merek yogurt dengan gula tidak lebih dari 20 gram per sajian. Tambahkan potongan buah segar agar kamu tetap mendapatkan manfaat yang menyehatkan," jelas Joy Bauer, M.S., R.D., pakar diet Today Show NBC dan pendiri Nourish Snacks.

Granola

Taburan granola di atas yogurt sebenarnya dapat menambahkan kembali gula yang sedang kamu hindari dengan mengganti rasa dengan yang asli. Satu setengah cangkir granola bisa mengandung gula lebih dari 12 gram.

Jika kamu tetap menginginkan kerenyahan dari bar granola, gantilah dengan kacang kaya protein, seperti almond.

 

 

Sports Drink dan Jus Buah  

 

Berpikirlah dua kali sebelum menghidrasi diri dengan sports drink setelah berolahraga intens yang melelahkan. Menurut penelitian di Universitas Harvard, satu minuman dapat mengandung lima sendok teh gula.

Sementara jus buah, contohnya jus jeruk bahkan lebih buruk karena mengandung 10 sendok teh gula yang sama dengan sekaleng soda. Kamu lebih baik minum air mineral saja untuk memuaskan dahaga.

Jika tetap menginginkan jus, Bauer menyarankan menambahkan rasa seltzer yang sama untuk menurunkan gula alami hingga 50 persen dan memberinya sedikit rasa.

 

 

Salad Dressing  

 

Salad mungkin baik untukmu, asalkan diisi dengan berbagai macam sayuran. Tetapi faktanya orang-orang terlalu banyak menambahkan gula di atasnya.

Pilihan makanan rendah lemak yang tampaknya sehat ini seringkali merupakan pilihan terburuk karena lemak yang dihilangkan sering diganti dengan gula.

 

 

Saus Tomat  

 

Meski saus tomat tidak selalu ada pada makanan yang menyehatkan, menambahkan kadarnya sedikit bisa berbahaya. Satu sendok makan saus tomat mengandung satu sendok teh gula dan hal ini merupakan seperenam dari jumlah gula harian yang dialokasikan.

(Raffinda E. P)

Simak Video Menarik Berikut

#ChangeMaker 

;
Loading