Sukses

Lifestyle

7 Manfaat Mengejutkan Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Vitamin C termasuk ke dalam vitamin esensial yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Namun ia memiliki banyak peran dan memberikan manfaat yang mengesankan bagi kesehatan tubuh kita.

Vitamin c sendiri larut dalam air dan dapat ditemukan pada banyak jenis sayur dan buah-buahn. Seperti jeruk, stroberi, kiwi, paprika, brokoli, kangkung, dan bayam. Asupan vitamin C harian yang disarankan bagi perempuan adalah 75mg dan 90mg untuk laki-laki.

Jika kebutuhan asupan vitamin C ini terpenuhi, akan ada banyak manfaat yang bisa didapat, seperti dilansir dari Healthline pada Selasa (4/3/2020). Berikut beberapa manfaat mengejutkan dari vitamin C bagi tubuh.

1. Membantu meredakan risiko terkena penyakit kronis

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami pada tubuh. Antioksidan sendiri merupakan molekul meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ia akan melindungi sel dari radikal bebas. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30 persen. Sehingga membantu pertahanan alami tubuh melawan peradangan.

2. Membantu mengelola tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat membuat berisiko terkena penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah. Vitamin C membantu mengendurkan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung. Sehingga membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebanyak 13 studi menganalisis efek mengonsumsi setidaknya 500mg vitamin C setiap hari. Dari analisis itu ditemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C secara signifikan dapat mengurangi kolesterol. Selain itu, mengonsumsi setidaknya 500mg vitamin C setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

4. Mengurangi kadar asam urat pada darah

Konsumsi vitamin C dapat mengurangi asa urat dalam darah, setidaknya melindungi dari serangan asam urat. Analisis dari 13 studi menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C selama 30 hari secara signifikn mengurangi asam urat pada darah.

5. Memenuhi kebutuhan zat besi

Zat besi merupakan nutrisi penting yang memiliki beragam fungsi di dalam tubuh. Seperti memproduksi darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Mengonsumsi vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C dapat membantu mengubah zat besi yang sulit diserap menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tubuh

6. Meningkatkan imunitas

Salah satu alasan utama orang mengonsumsi suplemen vitamin C adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C membantu mendorong produksi sel darah putih yang melindungi tubuh dari infeksi.

Selain itu, vitamin C membuat sel darah putih semakin efektif melindungi sel dari kerusakan serta memberikan sistem pertahanan pada kulit berkat antioksidan yang dimiliknya. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat mempersingkat penyembuhan luka.

7. Melindugi daya ingat

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan demensia memiliki kadar vitamin C dalam darah yang rendah. Selain itu, asupan vitamin C yang tinggi dari makanan atau suplemen terbukti memiliki efek perlindungan pada pemikiran dan memori seiring bertambahnya usia.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading