Sukses

Lifestyle

Penyakit Menular yang Diwaspadai Sama Seperti Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Mewabahnya virus Corona menimbulkan kepanikan di masyarakat. COVID-19 masuk ke dalam golongan penyakit menular dan kini telah ditemukan kasus positif virus Corona di Indonesia.

Masyarakat yang semakin panik melakukan pembelanjaan masker, hand sanitizer, hingga sembako secara berlebihan. Padahal menurut dr. Erlina Burhan yang merupakan Dokter Spesialis Paru menyebut ada banyak penyakit menular yang lebih perlu diwaspadai dibandingkan virus Corona.

"Penyakit menular itu banyak. Bukan COVID-19 saja. TBC, HIV, Hepatitis dengan risiko berat dan angka kematian yang lebih tinggi dari COVID-19. Waspada itu penting tapi jangan panik," ujar dr. Erlin Burhan.

Kasus TBC di Indonesia terjadi sebanyak 845 ribu orang pertahun. Dengan kematian sekitar 98ribu pertahun di Indonesia. Belum lagi ditambah dengan kasus demam berdarah.

 

Tingkat kesembuhan yang tinggi pada virus Corona

Sementara pada virus Corona di dunia terjadi sebanyak 94.257 kasus. 51.203 di antaranya dinyatakan sembuh dan hanya 3.220 yang meninggal akibat virus Corona.

"Penyakit ini jangan disamakan dengan penyakit lain. Penyakit ini gejala umumnya ringan. Yang meninggalnya 2-3 persen. Kemungkinan sembuh di atas 90 persen. Berarti tinggi. Sementara TBC kematiannya 98ribu," tambah dr. Erlina Burhan.

Lebih lanjut dr. Erlina mengimbau agar masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melakukan kebiasaan hidup bersih. Sehingga tubuh memiliki kemampuan yang cukup untuk melawan virus ini.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading