Sukses

Lifestyle

5 Saran Dokter Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Cegah Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Virus Corona atau Covid-19 telah terjadi di Indonesia. Mencuci tangan dengan sabun menjadi cara terbaik untuk mencegah diri kita terinfeksi virus ini.

Selain itu, imunitas tubuh yang baik juga dapat mengusir virus corona dari tubuh kita. Dr. dr. Sukamto, Sp.PD, K-AI, Direktur Pelayanan Kesehatan Sekunder dan Unggulan, Rumah Sakit Universitas Indonesia pun memberikan 5 cara mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Apa saja? Mari kita simak.

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Bagi yang kurang asupan makanan, disarankan untuk menambahkan konsumsi sayur dan buah. Penelitian orang yang lebih banyak makan buah lebih tidak mudah sakit

2. Cukup istirahat

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Orang dewasa membutuhkan tidur 7-8 jam, sedangkan remaja membutuhkan 9-10 jam tidur dalam sehari.

3. Hindari stres dan kelola stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

4. Rutin olahraga

Disarankan untuk rutin olahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi

5. Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkhitis dan pneumonia.

#Changemaker

;
Loading