Sukses

Lifestyle

Agar Tidak Membosankan, Ini Tips Dekorasi Dapur

Fimela.com, Jakarta Sebagai bagian penting dari rumah, dapur adalah ruangan penting yang tidak boleh di lewatkan, apalagi jika si pemilik rumah sangat gemar memasak. Tapi, banyak orang kerap melupakan dapur dalam mendekorasi rumah, padahal mendokrasi dapur mampu meningkatkan kecintaan kamu dalam hal masak-memasak dan tidak mudah membuatmu bosan ketika harus berlama-lama berada di dapur.

Perancang interior Jessica Nelson berbagi kiat-kiat untuk membantu kamu saat merancang ulang dapur, kiat ini juga berlaku jika dapur kamu berpindah ke ruang baru dan tidak tahu bagaimana memulai untuk membuat dapur sendiri, atau bahkan merombak semuanya dari awal.

1. Perhatikan ruang dan isinya

Tata letak dapur mungkin lebih penting daripada tata letak ruangan lain di rumah. Sehingga tidak ada alasan lain untuk membuat dapurmu terlihat dan berfungsi seperti yang kamu inginkan. Pastinya, perubahan-perubahan semacam itu dapat membutuhkan budget yang tidak sedikit, bukan?

“Saya selalu menyarankan untuk menabung dan menunggu sampai kamu siap untuk melakukan renovasi rumah atau ruang tertentu," kata Nelson. Melansir dari The Every Girl, tata letak keseluruhan sangat penting dan benar-benar dapat membuat atau bahkan menghancurkan dapur kamu. Tidak ada salahnya berkonsultasi kepada ahli interior tentang opsi ruang, karena ini bisa sangat membantu dan membuat kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. 

Tips dekorasi dapur agar tak membosankan

2. Menyesuaikan dekorasi rumah

Hanya karena kamu menyukai pintu gudang, atau tata letak yang besar dan terbuka, bukan berarti itu tepat untuk gaya rumah kamu. Jadi, mencari tahu dekorasi yang pas itu benar-benar dapat membantu memilih barang-barang yang sesuai. "Saya suka mencoba dan menyimpan banyak detail arsitektur yang ada di rumah," kata Nelson. Nelson juga menyarankan mencari gaya rumah kamu secara online dan kemudian menggunakan beberapa detail di ruang-ruang yang akan kamu dekorasi, seperti membuka ruang untuk melestarikan lengkungan, memperluas bukaan berlubang daripada menghilangkan, menambahkan jendela yang cocok dengan rumah, dan lain sebagainya.

3. Sering berkonsultasi dengan ahli terkait estetika

Bertanya dengan ahli akan membantu kamu memilah-milah semua pikiran, ide, dan inspirasi yang berputar-putar di kepala. Kamu tidak perlu mengetahui persis apa yang kamu inginkan, sebab berkonsultasi dengan ahli akan memperluas wawasan kamu, keinginan kamu pun juga berkembang. Kamu bisa mencari refrensi dekorasi yang kamu suka, dan tanyakan pertimbangan para ahli terkait dekorasi tersebut, apakah ada yang harus diubah, dihilangkan atau bahkan ditambahkan.

4. Jangan mengabaikan kekuatan pencahayaan dan perangkat keras

Kamu mungkin akan menghabiskan banyak waktu di dapur. Bahkan jika kamu sendiri tidak suka memasak, itu cenderung menjadi tempat berkumpul utama pada banyak rumah, sehingga kamu pasti menginginkan dapur yang nyaman dan indah. Daripada menghabiskan uang untuk perabotan dapur, Nelson menyarankan agar kamu dapat mempertimbangkan hal-hal seperti pencahayaan dan perangkat keras. "Penerangan dan perangkat keras adalah perhiasan dapur kamu," jelasnya. "Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendandani dapur dan seringkali hal-hal seperti ini berdampak besar."

5. Memastikan rencanamu sesuai keinginan

Nelson mengatakan bahwa salah satu kesalahan terbesar yang banyak orang lakukan ketika merenovasi atau memperbaiki dapur mereka adalah melangkah terlalu cepat. Pastikan kamu mengetahui apa yang kamu rencanakan sebelum kamu mulai merenovasinya. Memang, biasanya hal-hal yang tidak terduga kerap kali muncul, tetapi akan jauh lebih sulit jika kamu tidak memiliki rencana sama sekali.

Penulis: Ifaah Nurahmah

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading