Sukses

Lifestyle

Ketahui Buah dan Sayuran Ungu yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Buah-buahan dan sayuran datang dalam lima kategori warna utama, yakni merah, oranye/kuning, ungu/biru, putih, dan hijau. Masing-masing warna secara umum mewakili vitamin, mineral, atau antioksidan tertentu. Misalnya, sayuran hijau kaya akan vitamin K dan folat, sedangkan buah dan sayuran berwarna oranye atau kuning biasanya mengandung beta karoten dan vitamin C. 

Terdapat satu warna yang dapat dengan mudah diabaikan karena makanan dengan warna ini mungkin jarang kamu pikirkan sebelumnya. Warna itu adalah ungu. Dilansir dari thelist.com, berikut adalah daftar buah-buahan dan sayuran ungu yang ternyata perlu kamu konsumsi setiap hari karena memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan.

Bit

Bit mengandung banyak vitamin termasuk A, C, dan B6. Bit juga merupakan sumber folat, serat, zeaxanthin, lutein, dan berbagai macam mineral yang meningkatkan kesehatan. Salah satu nutrisi dalam bit, yakni betaine telah dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah.

Bit dapat membantu mengontrol tekanan darah dan menangkal demensia. Tidak hanya itu, bit juga terbukti bermanfaat untuk membantu mempercepat pemulihan setelah berolahraga dan dapat membantu meningkatkan kinerja selama berolahraga. Jadi, sayuran ini memang sangat luar biasa untuk kesehatanmu.

Bluberi

Buah kecil berwarna biru keunguan ini penuh dengan antioksidan yang disebut anthocyanin. Bluberi juga memiliki antioksidan lain seperti quercetin dan kaempferol yang memberikan manfaat kesehatan tambahan.

Selain itu, bluberi juga tinggi vitamin dan mineral, termasuk zat besi, kalsium, seng, dan vitamin K dan C. Bluberi telah dipelajari untuk manfaat potensial mereka dalam mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan obesitas. Studi bahkan menunjukkan bahwa bluberi mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker hingga 50 persen.

Kubis ungu

Kubis ungu adalah sejenis sayuran yang mengandung arti senyawa belerang yang mirip dengan brokoli dan kubis Brussel. Kubis ungu mengandung banyak antosianin, flavonoid, karotenoid, dan antioksidan lainnya.

Sayuran ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung karena aktivitas anti-inflamasi dan pengaruhnya pada hormon tertentu. Kubis ungu secara khusus juga tinggi serat dan vitamin K.

Kembang Kol Ungu

Kembang kol ungu merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori, namun tinggi serat. Kembang kol ungu juga mengandung vitamin C, K, B6, dan folat. Tidak hanya itu, kembang kol ungu telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker, terutama paru-paru dan saluran pencernaan.

Acai beri

Acai beri adalah buah kecil yang berasal dari jenis pohon palem tertentu yang ditemukan di Amerika Selatan. Acai beri umum ditemukan sebagai bahan dalam smoothie atau milk shake. Manfaat acai beri berasal dari tingginya tingkat anthocyanin yang dapat membantu melindungi jantung, mengurangi tekanan darah, dan mengurangi risiko banyak penyakit. Satu studi menemukan bahwa acai beri secara signifikan dapat membantu mengurangi kolesterol dan meningkatkan kontrol gula darah pada subjek yang kelebihan berat badan.

#Changemaker

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

;
Loading