Sukses

Lifestyle

Hindari 4 Kesalahan Ini untuk Menjaga Makanan Tetap Higienis dalam Lemari Es

Fimela.com, Jakarta Lemari es menjadi tempat penyimpanan bahan makanan andalan semua rumah tangga. Untuk itu, sama seperti rumah yang memiliki banyak ruang, lemari es juga memerlukan hal yang sama. Menjaga kebersihan lemari es sangat penting untuk menghindari bakteri yang dapat dengan mudah muncul.

Melansir dari Real Simple simak beberapa kesalahan paling umum yang tanpa disadari kerap terjadi saat menyimpan makanan di lemari es. Tak hanya itu, agar lemari es tetap terjaga kebersihannya intip tips-tips berikut ini.

1. Tidak mengisinya dengan makanan yang cukup

Percaya atau tidak, lemari es yang penuh mampu mempertahankan suhu dingin yang jauh lebih baik dan lebih efisien, ketimbang membiarkannya kosong. Saat diisi, makanan beku akan membantu menjaga suhu es dingin di dalam rongga, sehingga lemari es itu sendiri tidak harus bekerja keras untuk menjaga suhu cukup rendah.

2. Mengatur suhu terlalu tinggi

Temperatur untuk lemari es idealnya adalah 0ºF, atur tempratur lemari es serendah mungkin. Ini adalah langkah terbaik untuk penyimpanan jangka panjang, tetapi jika kamu menyimpan se-kotak es krim dan saat meraup kotak terasa sangat beku, maka simpanlah di bagian pintu lemari es karena sedikit lebih hangat.

3. Mencairkan makanan pada suhu ruangan

Pernahkah kamu mencairkan makanan beku dengan cara mengeluarkannya dari lemari es, lebih dari 2-3 jam sebelum penggunaan di atas meja? Ini adalah sebuah kesalahan fatal terkait keamanan pangan. Mencairkan makanan yang beku seperti unggas, ikan, atau daging merah di atas meja dapat membuat makanan berada di zona bahaya pada suhu 40ºF hingga 140ºF jika dibiarkan terlalu lama. Artinya bakteri dapat terbentuk sebelum makanan tersebut mencair sepenuhnya. Sebagai gantinya, jangan lagi meninggalkan makanan beku untuk dicairkan dalam waktu yang lama. Cobalah untuk memanfaatkan microwave sebagai gantinya.

4. Membekukan makanan secara bersamaan

Daripada membuang semua blueberry, irisan pisang, atau burger ke dalam kantong plastik Ziploc dan meletakkannya ke dalam lemari es, bekukan dalam satu lapisan di atas nampan terbuka terlebih dahulu. Biarkan mereka mengeras sepenuhnya dan biarkan selama 24 jam, kemudian pindahkan semuanya ke dalam satu kantong atau wadah penyimpanan.

 

5. Membuka lemari es saat listrik padam

Jika kamu mengalami pemadaman listrik, tahan godaan untuk membuka lemari es. Ini akan membantu menjaga suhu makanan di dalam lemari es. Saat listrik hidup kembali, periksa untuk melihat apa yang masih beku sepenuhnya dan buanglah makanan yang sudah mencair atau bahkan sedikit mencair untuk menghindari keracunan makanan.

Penulis: Iffah

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading