Sukses

Lifestyle

Minuman Alami yang Bisa Kurangi Batuk Tak Kunjung Sembuh

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang tak menentu, kadang panas tetapi tiba-tiba turun hujan lebat di Jakarta, membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Ketika kekebalan tubuh menurun, virus dan bakteri lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, flu dan batuk bisa saja menyerang. 

Batuk memang sebuah penyakit ringan yang bisa hilang begitu saja tanpa obat. Namun, jika batuk tak kunjung reda, kadang obat menjadi senjata andalan. 

Sayangnya, antibiotik untuk membunuh kuman dan virus tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Karena, jika dikonsumsi secara berlebihan, tulis Byrdie, tubuh akan menjadi resistan terhadap obat tersebut. Jika kamu tidak mau mengonsumsi obat, cobalah minuman herbal hangat yang mungkin bisa meredakan batuk membandel. 

Teh Madu

Dilansir dari Health Line, teh madu dapat mengurangi gejala flu dan batuk. Berbagai penelitian telah menemukan kalau madu berfungsi untuk menghentikan batuk parah di malam hari. Bahkan, sebuah studi tahun 2007 menunjukkan madu lebih efektif dari obat batuk dextromethorphan untuk mengurangi gejala batuk. 

Cara membuat teh madu ini juga sangat mudah. Kamu tinggal menyeduh teh. Jenisnya, terserah padamu. Bisa teh hijau, teh melati yang harum, teh chamomile, atau juga black tea. Setelah itu, campurkan 1 sdm air perasan jeruk. Kemudian, masukkan 1 sdm madu murni. 

Teh herbalmu kini siap untuk dinikmati. Selain minum minuman herbal, kamu juga harus istirahat yang cukup dan mengurangi aktivitas berat. Cobalah untuk tidak begadang dan mengurangi makanan pemicu batuk seperti gorengan, makanan manis, juga minuman dingin dan mengandung banyak gula. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading