Sukses

Lifestyle

Jangan Panik, Ini 9 Cara Melindungi Diri dan Keluarga dari Epidemi COVID-19

ringkasan

  • Liputan6 melaporkan, dari 34 kasus, kini total menjadi 69 kasus. Meski jumlah positif terpapar COVID-19 terus bertambah, namun pemerintah Indonesia belum memutuskan untuk melakukan lockdown untuk membatasi penyebaran CVOD-19
  • Namun, Sahabat Fimela tidak perlu panik dan merasa ketakutan.
  • Sebab, MIT Technology Review telah mengumpulkan tips dari dan tata cara untuk melakukan social distance atau jarak sosial untuk melindungi diri dan keluarga dari COVID-19.

Fimela.com, Jakarta Jumlah pasien positif Corona di Indonesia bertambah pada Jumat (13/3/20). Liputan6 melaporkan, dari 34 kasus, kini total menjadi 69 kasus. Meski jumlah positif terpapar COVID-19 terus bertambah, namun pemerintah Indonesia belum memutuskan untuk melakukan lockdown untuk membatasi penyebaran CVOD-19 ini. 

Namun, Sahabat Fimela tidak perlu panik dan merasa ketakutan. Sebab, MIT Technology Review telah mengumpulkan tips dari dan tata cara untuk melakukan social distance atau jarak sosial untuk melindungi diri dan keluarga dari COVID-19. Tips dan tata cara ini mereka kumpulkan dari 6 ahli kesehatan. 

1. Jaga Jarak

Pertama, mulailah untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain, minimal 6 kaki atau 2 meter. 

2. Cuci Tangan dan Tidak Menyentuh Wajah

Mulailah untuk belajar tidak menyentuh wajahmu terlalu sering. Selain itu, cucilah tangan menggunakan air mengalir dan sabun lebih sering. 

3. Saat Berada di Kendaraan Umum

Cobalah bepergian menggunakan transportasi umum di luar jam-jam sibuk. Sehingga kamu bisa meminimalkan diri untuk saling bersentuhan dengan orang lain. Juga hindari kontak langsung dengan permukaan fasilitas umum yang ada di dalam kendaraan. 

4. Saat Bepergian Jarak Jauh

Saat bepergian jarak jauh, baik menggunakan pesawat atau kendaraan umum lainnya, pastikan kamu memeriksa atau memantau perkembangan status COVID-19 di tempat tujuan. Di tempat keramaian seperti bandar udara, stasiun, atau juga terminal, usahakan untuk menjaga jarak kira-kira 2 meter dari orang lain. 

Jika perlu dan membuatmu lebih tenang, pakailah masker dan sarung tangan lateks untuk melindungimu dari paparan virus. Kemudian, setelah sampai di tempat tujuan, segeralah untuk membersihkan diri dan mandi. 

5. Saat Sedang Sakit

Ketika sakit, pastikan kamu mengenakan masker medis ketika kamu harus bepergian. Tapi kalau bisa, tetaplah berada di rumah untuk menghindari penularan penyakit kepada dan dari orang lain. 

Jika kamu mengalami gejala-gejala COVID-19, telepon hotline Coronavirus di 021-5210411 / 0812-1212-3119. 

6. Saat Berolahraga

Jika bisa, berolahragalah di rumah atau di ruangan terbuka. Jika memang harus ke gym, hindari jam-jam ramai di mana banyak orang mengunjungi gym tersebut. 

Selain itu, pastikan kamu tidak kontak langsung dengan alat-alat olahraga di gym dengan menggunakan sarung tangan lateks. Jangan lupa untuk langsung mandi setelah berolahraga, baik di gym atau pun di rumah dan di ruangan terbuka. 

7. Saat Harus Keluar Rumah

Jika memang harus keluar rumah, usahakan untuk melakukan berbagai pekerjaan dan kebutuhan sekaligus, dan di luar jam-jam sibuk. Setelah keluar rumah, pastikan kamu mengganti pakaian rumah yang bersih. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang sama untuk kegiatan di luar dan di dalam rumah. Setiap kali pulang dari luar rumah, pastikan kamu mandi dengan bersih, ya, Sahabat Fimela. 

8. Makan

Meski ada banyak restoran bersih dengan pramusaji yang mengenakan masker dan sarung tangan, cobalah untuk memasak sendiri makanan di rumah. Atau, kamu bisa menggunakan jasa pengiriman makanan sehingga kamu tidak perlu keluar rumah. Pastikan plastik dan bungkus makanan sudah kamu bersihkan agar tidak ada kuman sebelum kamu menyentuh dan membukanya. 

9. Melindungi Anak-anak

Ketika kamu memiliki anak-anak di rumah, pastikan kamu tidak panik, ya, Sahabat Fimela. Pastikan kamu mengajak anak untuk ikut membersihkan tangan dan practice personal hygienes. Jika khawatir, jangan dulu membawa anak ke tempat bermain. Cobalah mencari ide-ide kreatif untuk membuat anak tetap senang dan aktif seperti biasanya. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading