Sukses

Lifestyle

6 Benda Paling Banyak Kuman di Rumah dan Cara Mensterilkannya

Fimela.com, Jakarta Virus corona yang telah menjadi pandemi global membuat semua orang lebih berhati-hati dan melakukan berbagai cara agar tetap dapat mempertahankan imunitas tubuhnya. Salah satunya dengan membersihkan area-area penting di dalam rumah.

Proses pembersihan bisa difokuskan lebih dulu pada barang-barang dan tempat-tempat yang paling seringdisentuh. Misalnya, ponsel, gagang pintu, atau keyboard komputer.

Hal itu membantu sesi pembersihan berlangsung cepat dab seefektif mungkin. Melansir dari realsimple.com berikut beberapa benda yang harus tetap steril untuk mencegah penyebaran virus corona;

 

 

Ponsel

Kamu tentu sering menyentuh ponsel berkali-kali sepanjang hari. Bahkan, kamu mungkin memegangnya saat membaca artikel ini.

Jadi, walaupun kamu rajin mencuci tangan dengan benar, jika tidak membasmi bakteri yang terdapat pada ponsel akan sia-sia karena kumam akan kembali tersebar. Studi tahun 2012 oleh Universitas Arizona menemukan jika ponsel memiliki lebih banyak kuman daripada kursi toilet.

Untuk membersihkan ponsel secara optimal, mulailah dari permukaan ponsel dengan kain microfiber antibakteri dan semprotkan pembersih ke kain daripada langsung ke layar untuk mencegah kerusakan. Lepaskan case dan lap dengan kain bersih yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil 70 persen, lalu biarkan kering.

 

 

Keyboard

Keyboard komputer atau laptop adalah sarang kuman dan semua celah yang ada di dalamnya membuatnya sulit untuk dijaga kebersihannya. Untuk membersihkannya dengan cepat, pertama-tama cabut kabelnya. Balikkan dan gunakan udara untuk menghilangkan remah dan debu. Untuk mendisinfeksi, lap permukaan dengan alkohol isopropil 70 persen. Berhati-hatilah agar cairan tidak menetes ke dalam keyboard.

 

Gagang pintu dan pelat sakelar lampu

Kuman dapat bertahan lebih lama di permukaan gagang pintu daripada yang kamu kira. Untuk mendisinfeksi gagang pintu dan pelat sakelar lampu di sekitar rumahmu, bersihkan dengan produk penghancur kuman, seperti yang direkomendasikan oleh CDC, yakni Clorox Disinfecting Wipes. Saat membersihkan pelat sakelar lampu, berhati-hatilah agar cairan tidak menetes ke dalam permukaannya.

 

 

Meja dapur

Meja dapur merupakan tempat berkumpulnya keluarga. Konter dan kerannya sering disentuh oleh tangan yang penuh dengan kuman.

Untuk menjaga daerah ini bebas bakteri, gunakan batu berpori seperti granit untuk membersihkannya. Sedangkan untuk keran dan gagang, gunakan semprotan desinfektan.

 

 

Remot TV

Bagi kamu yang jarang keluar rumah, pasti lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton TV. Tentunya, barang yang satu ini juga mengandung banyak kuman.

Untuk membuat remot TV tetap steril, pertama-tama lepaskan baterai. Kemudian gunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam 70 persen alkohol isopropil dan gunakan Q-Tip untuk membersihkan tombol dengan hati-hati. Pastikan remot benar-benar kering sebelum mengganti baterai dan kembali menggunakannya.

Raffinda Eki Puspitasari 

;
Loading